Sukses

15 Tanda Awal Kehamilan, Apa Saja? (Bag. 1)

Liputan6.com, Jakarta Saat mengharapkan jadi orangtua, biasanya pasangan sering tidak sabar untuk tahu, istri sudah hamil atau belum. Memang, untuk memastikan kehamilan, diperlukan tes khusus atau mendatangi dokter kandungan.

Namun, sebelum Anda bisa melakukan kedua hal tadi, ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa dinantikan. Mengutip Parenting, Kamis (14/9/2017):

1. Napas lebih pendek

Apakah tiba-tiba jadi lebih terengah-engah melakukan aktivitas sehari-hari? Hal ini bisa menandakan Anda hamil.

Janin yang sedang bertumbuh memerlukan oksigen, sehingga bisa membuat napas ibu jadi lebih pendek.

Dan, hal ini akan berlangsung terus selama kehamilan, terutama saat janin semakin membesar dan memberikan tekanan pada paru-paru dan diafragma.

2. Payudara nyeri

Mengenakan bra tiba-tiba terasa menyiksa. Dan, Anda juga melihat payudara sepertinya makin membesar.

Perasaan berat dan lunak, areola menggelap, dan pembuluh darah yang terlihat semakin jelas di payudara bisa jadi tanda pertama Anda sedang hamil.

Gunakan bra Anda yang paling menopang, bahkan saat tidur, untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

3. Lelah

Anda tiba-tiba tidak bisa lagi membaca buku tanpa langsung jatuh tertidur. Tubuh juga sering sekali merasa lelah.

Jika ini yang terjadi, bisa jadi akibat respon dari meningkatkan hormon di tubuh. Bagi beberapa wanita, rasa lelah terus-menerus terjadi pada trimester awal kehamilan, dan membaik di trimester kedua.

4. Mual

Kebanyakan wanita hamil mulai merasakan mual pada minggu ke-6. Namun ada juga yang mengalami morning sickness lebih awal.

Dan, walau namanya morning sickness alias mual pagi kehamilan, rasa mual ini bisa berlangsung kapan saja.

Morning sickness biasanya membaik pada trimester kedua. Sementara itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang membuat perut tenang, seperti kraker atau air jahe.

 

1 dari 2 halaman

5. Sering berkemih

Jika Anda tiba-tiba sering bangun di malam hari untuk buang air kecil, ini bisa jadi tanda kehamilan.

Saat hamil, tubuh akan memproduksi cairan ekstra, yang akan membuat kandung kemih bekerja ekstra. Inilah kenapa Anda jadi lebih sering kencing.

6. Sakit kepala

Salah satu tanda awal kehamilan adalah sakit kepala. Hal ini juga terjadi akibat perubahan hormon.

Untuk berjaga-jaga seandainya sakit kepala Anda memang disebabkan oleh kehamilan, minumlah obat yang aman, seperti yang mengandung acetaminophen, dan bukannya ibuprofen.

7. Sakit punggung

Apakah punggung bawah Anda sedikit nyeri? Jika biasanya Anda tidak mengalami nyeri punggung, ini bisa jadi karena ligamen Anda melemas.

Dan, rasa nyeri ini akan terus ada sepanjang kehamilan, seiring pertambahan berat badan dan perubahan pusat gravitasi. Hal ini bisa mengubah postur Anda.

8. Kram

Apakah kram disebabkan oleh sindrom pra-menstruasi atau kehamilan? Memang susah dibedakan. Namun jika Anda merasa kram (dan bukan sedang jadwal mens) hal ini bisa disebabkan karena rahim Anda meregang, menyiapkan untuk bayi.

Artikel Selanjutnya
Cerita Ibu dengan Morning Sickness Parah seperti Kate Middleton
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Membuat Hubungan Semakin Romantis