Sukses

8 Alasan Tubuh Terus Lelah Walau Cukup Tidur

Liputan6.com, Jakarta Tidur delapan jam setiap malam diharapkan mampu mengembalikan semangat dan tenaga untuk beraktivitas kembali. Namun, jika selalu merasa lelah padahal sudah beristirahat selama delapan jam setiap malamnya, Anda harus mulai waspada terhadap kesehatan tubuh.

Tingkatkan kewaspadaan jika rasa lelah disertai rasa lemah, nyeri otot dan sendi. Selain itu, beberapa masalah kesehatan lain bisa menjadi alasan munculnya kondisi lelah dan lesu pada diri Anda. Berikut beberapa alasan utama mengapa Anda merasa lelah setiap hari, seperti yang dilansir Boldsky, Kamis (14/9/2017):

1. Anemia

Jika Anda merasa lelah sepanjang hari, itu bisa jadi karena anemia. Anemia disebabkan tubuh kekurangan sel darah merah untuk membawa oksigen dari paru-paru ke sel dan jaringan.

2. Tertekan

Depresi atau tertekan dapat memengaruhi fisik Anda dan menyebabkan kelelahan, sakit, dan masalah ketika tidur. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, cari sumber permasalahan yang membuat Anda stres.

3. Kurang olahraga

Berolahraga akan meningkatkan semangat dan stamina Anda dalam beraktivitas setiap hari. Olahraga yang benar akan merangsang pembentukan energi di tingkat sel tubuh dan meningkatkan energi secara keseluruhan.

4. Diabetes

Penderita diabetes tipe dua tidak mampu mengunakan glukosa dengan benar sebagai sumber energi sehingga menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Inilah salah satu alasan kelelahan yang selalu Anda alami.

 

1 dari 2 halaman

5. Kalenjar tiroid kurang aktif

Kelenjar tiroid mengeluarkan hormon yang akan memengaruhi fungsi metabolisme dalam tubuh. Jika kalenjar tiroid tidak bekerja dengan baik, Anda akan mengalami gangguan metabolisme energi pada tubuh.

6. Kekurangan kalori

Tubuh Anda membutuhkan kalori untuk memproduksi energi. Salah satu tanda bahwa Anda tidak mengonsumsi cukup kalori adalah kelelahan sepanjang hari.

7. Konsumsi gula terlalu banyak

Konsumsi gula yang terlalu banyak dapat mengganggu metabolisme energi Anda. Jika Anda makan makanan manis atau kudapan, kadar gula darah Anda akan meningkat dan menyebabkan kelelahan dan malas bergerak.

8. Kurang minum

Jika Anda merasa lelah dan berpikir untuk minum teh atau kopi bisa membantu, mungkin Anda salah. Dehidrasi atau kurang minum dapat menghilangkan energi seseorang. Anda disarankan untuk minum 1.800 ml air minum setiap hari agar selalu bertenaga dan tidak merasa lelah sepanjang hari.

Artikel Selanjutnya
Trik Cerdas Tidur Lebih Cepat Ketika Stres
Artikel Selanjutnya
Kelelahan Mental? Atasi Dengan 4 Gaya Hidup Sederhana Ini