Sukses

Suara Serak Diatasi dengan Jeruk Nipis Kecap, Ampuh?

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin termasuk orang yang sering mengonsumsi campuran jeruk nipis dan kecap manis untuk mengobati suara serak. Dengan anggapan bahwa kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat mempercepat proses penyembuhan suara serak. Sudah benarkah cara seperti itu?

Menurut Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala dan Leher, Konsultan Laringofaringologi Rumah Sakit Pondok Indah, Zainal Adhim, sampai detik ini belum ada penelitian yang mengatakan bahwa campuran jeruk nipis dan jeruk bermanfaat mengatasi suara serak.

"Secara kedokteran belum ada hasil penelitian itu. Tetapi kalau dilihat dari penyakit yang mendasari suara serak, secara ilmu kedokteran (campuran ini) tidak terlalu bermanfaat," kata Zainal dalam diskusi Waspadai Suara Serak di Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017)

Suara serak memang dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Sebab, perubahan suara yang tidak normal ini bisa menjadi parau berat.

Menurut Zainal ada banyak faktor penyebab suara jadi serak. Paling umum dikarenakan infeksi pada saluran pernapasan akibat virus yang mengakibatkan pita suara mengalami inflamasi. Karena itu, suara serak pun ada baiknya diperiksakan ke dokter.

"Zaman sekarang, orang mudah stres yang memicu asam lambung yang naik. Asam lambung itu kadang-kadang menimbulkan reflaks, reflaks naik ke atas, kemudian mengiritasi pita suara dan bikin suara serak," kata Zainal.

Banyak pasien suara serak sekarang, lanjut Zainal, ketika dicek tidak ada kelainan fisik, maupun tumor. Dan, ketika ditanya, ternyata dia mengalami refluks akibat stres.

Artikel Selanjutnya
3 Menu Sate Kambing Yang Lain Dari Biasanya, Yuk, Buat di Rumah!
Artikel Selanjutnya
Vegan Cashew Mayo, Saus Mayones Lezat yang Menyehatkan