Sukses

Alasan Anda Tak Bisa Berhenti Ngemil di Malam Hari

Liputan6.com, Jakarta Ngemil di malam hari menjadi pantangan bagi hampir semua wanita. Kekhawatiran akan naiknya berat badan jadi pertimbangan yang paling utama aibnya kegiatan ini. Padahal, rasa lapar seringkali hadir di malam hari. Mengapa?

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Obesity menulis tentang partisipan yang berada selama dua minggu di sebuah lab eskperimen dan selalu lapar di malam hari. Kapan pun mereka bangun, bagaimana mereka makan pada hari tersebut, atau kapan mereka makan terakhir, rasa lapar selalu hadir.

Untuk memenuhi rasa laparnya, partisipan rata-rata terlihat mengkonsumsi lemak, gula, garam, dan junk food tanpa buah ataupun sayur.

Suzanne Jezek- Arriaga seperti yang diceritakan lama Huffington Post, Rabu (13/9/2017), mengatakan banyak alasan yang kompleks mengapa orang ngemil di malam hari. Kadang hanya karena mereka bosan, atau karena tubuh kurang nutrisi.

Konsumsi makanan manis, junk food atau karbohidrat, dan tidak mengkonsumsi cukup protein, akan menyebabkan pecahnya kadar insulin yang menyebabkan rasa lapar. Pengaruh hormon kortisol yang mengontrol kadar gula bisa juga menyebabkan keinginan untuk ngemil di malam hari.

Apalagi bila Anda stres, yang menyebabkan kadar kortisol naik. Mereka yang sedang diet ketat, justru malah banyak yang ngemil tengah malam. Menahan lapar seharian membuat mereka butuh ngemil untuk bisa tidur.

 

 

1 dari 2 halaman

Cara Mengakali Keinginan Ngemil

Yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa lapar di malam hari adalah mengatur ulang kembali jadwal makan malam.

Banyak artikel yang mengatakan bahwa tidak baik untuk makan setelah jam tujuh malam. Aturan ini tidak bisa berlaku untuk semua orang, karena beberapa orang justru aktif di malam hari.

Bila mereka tidak boleh makan kembali setelah jam tujuh malam, yang terjadi adalah mereka akan sangat kelaparan. Menghindari rasa lapar, menurut Tehzeeb Lalani dapat dilakukan dengan makan malam dua jam sebelum tidur, di jam berapapun waktu tidur Anda.

Bila Anda sangat terganggu tidak ngemil di malam hari, pilih saja cemilan yang sehat. Aturannya, konsumsi cemilan yang mengandung 150-200 kalori dengan kandungan proterin tinggi, jangan lebih.

Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya
Artikel Selanjutnya
Libur Panjang Tapi Tetap Harus Kerja? Ini 4 Triknya