Sukses

8 Masalah Kesehatan Ini Bisa Dipantau dari Kulit Anda

Liputan6.com, Jakarta Rasa gatal, iritasi, dan peradangan pada kulit merupakan sesuatu yang tidak Anda harapkan. Kadang, kondisi itu akan mengganggu penampilan Anda. Dalam banyak kasus, kondisi kulit berkaitan dengan proses yang terjadi di tubuh dan menunjukkan kondisi kesehatan organ tubuh Anda.

Perubahan warna dan pertumbuhan jaringan baru pada kulit bisa menunjukkan masalah kesehatan yang serius. Apabila hal itu tidak kunjung sembuh, Anda disarankan untuk menghubungi dokter. Berikut ini merupakan penyakit kulit yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan Anda, seperti dilansir oleh Boldsky, Rabu (13/9/2017).

1. Eksim

Eksim merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan ruam pada kulit dan bersifat kronis. Kulit Anda akan timbul bercak merah dan gatal. Hal ini berkaitan dengan beberapa masalah seperti gangguan tidur, masalah sendi, dan luka lainnya.

2. Psoriasis

Penyakit ini bersifat kronis dan berkaitan dengan kelainan autoimun, sel-sel kulit akan tumbuh cepat, dan membentuk sisik mengkilap pada permukaan kulit. Psoriasis sering terjadi bersamaan dengan arthritis atau penyakit sendi lainnya dan sering kita kenal dengan sebutan psoriatis arthritis.

3. Stasis Dermatitis

Ini adalah penyakit kulit yang berkaitan dengan sistem peredaran darah, khususnya pembuluh darah vena pada bagian bawah tungkai kaki. Pada pergelangan kaki akan muncul warna gelap yang disebabkan oleh varises. Stasis dermatitis dapat menjadi tanda gejala diabetes yang memengaruhi sistem peredaran darah tubuh.

4. Vitiligo

Orang yang menderita vitiligo akan muncul bintik-bintik putih pada wajah dan tubuh. Gejala ini akan bertambah parah saat mereka mengalami stres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek pertumbuhan dan perubahan kulit

5. Ruam pada Kulit

Ruam yang muncul dan tidak kunjung sembuh saat diobati dengan menunjukkan gejala demam, nyeri sendi, dan nyeri otot, bisa menunjukkan bahwa Anda mengalami masalah internal atau infeksi.

6. Perubahan warna kulit

Perubahan warna kulit sering terjadi pada penderita penyakit hati dengan ditandai dengan warna kuning pada kulit dan mata. Kulit penderita diabetes akan lebih gelap karena mengalami gangguan metabolisme zat besi.

7. Pertumbuhan Baru

Pertumbuhan jaringan baru pada kulit harus segera dikonsultasikan ke dokter. Hal ini bisa menjadi tanda munculnya kanker kulit dan juga pertanda adanya penyakit dalam atau penyakit genetik.

8. Perubahan Kuku

Perubahan warna atau bentuk kuku bisa menjadi pertanda kekurangan atau masalah pada sistem organ. Ini juga bisa dipakai untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.