Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Cara Siasati Menopause agar Tak Pengaruhi Kehidupan Seks

Liputan6.com, Jakarta Wanita sangat takut akan efek samping yang menyertai menopause. Perubahan suasana hati, insomnia, berkeringat di malam hari, gelisah dan hilangnya dorongan seksual akan membuat Anda semakin takut.

Anda perlu tahu tentang beberapa hal mengenai bagaimana menopause dapat mempengaruhi kehidupan seks. Apa yang telah Anda dengar di tengah masyarakat mengenai menopause kadang berbeda dengan yang Anda alami.

Menopause dapat mempengaruhi kehidupan seks seorang wanita melalui berbagai cara. Namun, bukan berarti tak ada cara untuk mengatasinya dan memastikan kehidupan seks Anda tetap menyenangkan, seperti dilansir Boldsky, Selasa (12/9/2017).

1. Penggunaan pelumas

Bagi beberapa wanita, menopause mungkin akan membuat Anda kehilangan keinginan untuk berhubungan seks karena rasa nyeri. Turunnya kadar hormon estrogen akan menyebabkan kondisi vagina menjadi lebih tipis dan kurang elastis.

Selain itu, jumlah pelumas alami yang tersedia ikut menurun sehingga membuat vagina kering dan menyebabkan rasa sakit seperti terbakar. Anda disarankan untuk menggunakan pelumas dan meningkatkan intensitas berhubungan seks agar bisa menikmati seks lagi. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 2 halaman

Antidepresan dan krim estrogen

2. Penggunaan anti-depresan

Depresi yang Anda alami akan menekan dan mempengaruhi kehidupan seks Anda. Penggunaan anti-depresan akan memberikan kesempatan untuk memulihkan diri Anda dan mendapatkan kehidupan seks lagi.

3. Krim estrogen

Ketakutan terbesar saat melakukan hubungan hubungan seks pada masa menopause adalah hubungan seks yang menyakitkan. Penggunakan krim estrogen akan membantu untuk mengatasi hal ini.

4. Terima diri Anda

Anda perlu mengenal diri dan tubuh Anda saat ini. Anda harus menerima kondisi dan perubahan tubuh yang dialami. Hal ini akan membantu Anda untuk menghargai diri dan juga mengeksplorasi sisi seksualitas Anda yang berbeda.

5. Kadang-kadang, tidak ada yang bisa berubah sama sekali

Bagi beberapa wanita, menopause mungkin tidak menyebabkan perbedaan sama sekali pada kehidupan seks. Otak adalah organ seksual terbesar dan semua berkaitan dengan apa yang kita pikirkan, apakah Anda mudah terangsang atau tidak.

  • Menopause adalah kondisi di mana tidak terjadi menstruasi selama 12 bulan akibat tidak aktifnya folikel sel telur.
    Menopause
  • Seks
Artikel Selanjutnya
Wanita Usia Menopause Berbadan Gemuk Berisiko Kanker
Artikel Selanjutnya
Pasutri, Lakukan Seks seperti Ini Saat Program Hamil