Sukses

Konsultasi Tulang: Pen Perekat Akibat Kecelakaan Harus Dilepas?

Liputan6.com, Jakarta  Pertanyaan :

Selamat siang, Dok. Perkenalkan, saya Mas'ud Alifah Putri dari Sukoharjo.

Empat tahun yang lalu ibu saya (usia 42 tahun) kecelakaan, yang mengakibatkan tulang tangannya patah sehingga harus dioperasi.

Namun, sampai sekarang pen perekat tulang belum juga diambil, dan kadang-kadang terasa linu jika digunakan terlalu berat.

Misalkan pen tidak diambil, apakah pen yang belum tertanam tersebut dapat mempengaruhi adanya rasa linu yang kadang-kadang terasa? Apa dampaknya? terimakasih atas penjelasaanya.

Mas'Ud Putri, masudputri1995@gmail.com

Jawaban

Hai Putri dari Sukoharjo,

Baik saya akan bantu menjelaskannya. 

Alangkah lebih baik kalau pen ibu Anda dilepas karena kadang-kadang akan memberikan rasa linu yang berkepanjangan akibat berhubungan dengan suhu dan kegiatan.

Apabila tidak memberikan rasa linu atau keluhan yang lain, serta tidak mengganggu, tidak dilepas pun tidak ada masalah, tapi apabila bermasalah bisa dilepas.

Alangkah lebih baik proses pencopotan pen bisa dilakukan oleh dokter yang terdahulu. Sebab, dokter tersebut yang mengetahui kondisi ibu Anda pada saat itu.

Sehat selalu ya untuk Putri dan ibunya.

Dr Andjar Bhawono SpOT dari Rumah Sakit MMC, Kuningan, Jakarta Selatan

Para pembaca setia Health Liputan6.com dapat bertanya seputar masalah tulang dan ortopedi dengan cara mengirimkan surat elektronik dengan subjek KOLOM dr. Andjar Bhawono SpOT ke health.liputan6@gmail.com . Jawaban akan ditayangkan setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

Dan, semua penjelasan terkait #KonsultasiTulang bisa Anda baca di sini.

 

Artikel Selanjutnya
Gejala Nyeri Dada yang Bisa Mengancam Nyawa
Artikel Selanjutnya
6 Cedera yang Sering Dialami Cheerleaders