Sukses

Wanita Usia Menopause Berbadan Gemuk Berisiko Kanker

Apa yang menyebabkan wanita gemuk usia menopause rentan mengidap kanker?

Liputan6.com, Jakarta Lemak perut yang menumpuk pada wanita usia menopause dapat meningkatkan risiko kanker. Hal ini merupakan hasil pengamatan yang melibatkan 5.855 wanita usia rata-rata 71 tahun.

Penelitian ini dilakukan selama 12 tahun. Selama penelitian, para pakar menemukan bahwa rasio lemak perut terhadap lemak perifer adalah prediktor yang signifikan guna mendiagnosis kanker.

Ada pun jenis kanker yang dikaitkan dengan dengan rasio lemak perifer perut adalah kanker paru-paru dan gastrointestinal.

"Ketika menilai risiko kanker, presentase BMI dan lemak mungkin tidak memadai karena gagal menilai distribusi massa lemak," kata Line Maersk Staunstrup dari Nordic Bioscience, perusahaan bioteknologi berbasis di Denmark.

Studi tersebut kembali menekankan bahwa usia dewasa sudah seharusnya lebih memerhatikan berat badan, jauhkan kebiasaan merokok, dan rajin mengonsumsi makanan sehat serta olahraga. Sebisa mungkin hindari kenaikan berat badan.

"Menghindari obesitas sama dengan memberikan perlindungan terbaik," kata dia yang telah mempresentasekan penelitian ini pada European Society for Medical Oncology (ESMO) 2017 di Madrid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.