Sukses

Benarkah Memar Tiba-Tiba karena Dijilat Setan?

Memar yang tiba-tiba muncul dianggap dijilat setan, tapi kondisi ini bisa dijelaskan secara medis.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mengalami memar yang tiba-tiba muncul di kulit. Padahal, Anda merasa tidak pernah terbentur atau terjatuh. Ada mitos atau anggapan yang masih sering dipercaya publik. Kalau memar yang tiba-tiba muncul, artinya Anda 'dijilat setan'.

 

Kondisi tersebut bisa dijelaskan dari sisi medis. Dikutip dari MSD Manuals, Selasa (12/9/2017), memar yang tiba-tiba muncul termasuk dalam kondisi purpura simplex. Kondisi ini berasal dari kerapuhan pembuluh darah--pembuluh darah mudah pecah (terbuka).

Ketika pembuluh darah terbuka, maka perdarahan pun terjadi. Akibatnya, kulit pada area pembuluh darah yang pecah berwarna biru-keunguan.

Purpura simplex sangat umum terjadi dan masih dalam kategori normal. Kondisi ini biasanya menyerang wanita. Memar pun bisa muncul di paha, bokong, dan lengan atas.

Kondisi mudah memar bisa hadir pada anggota keluarga. Tapi Anda tak perlu cemas, pendarahan kronis tidak akan terjadi.

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah memar

Untuk mencegah munculnya memar, sebenarnya tak ada obat yang bisa mencegahnya. Namun, pasien sering disarankan untuk menghindari aspirin (obat anti peradangan) dan obat yang mengandung aspirin.

Hal ini dianggap aspirin dapat mengakibatkan pendarahan kronis.

Di sisi lain, tidak ada bukti yang jelas, memar semakin buruk karena penggunaan aspirin. Jika pasien berobat ke dokter, pasien harus diyakinkan, memar yang tiba-tiba muncul itu tidak begitu parah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.