Sukses

Telapak Kaki Gatal Sering Gatal? Ini 3 Penyebabnya

Bukan telapak tangan saja yang bisa gatal, telapak kaki pun juga bisa, bahkan juga bisa terjadi pada payudara.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya telapak tangan yang bisa gatal, tapi telapak kaki pun juga demikian. Kira-kira apa penyebabnya ya?

Penyebab telapak kaki gatal tak lain berasal dari infeksi jamur pada kaki. Biasanya ini terjadi di bawah kaki dan di antara jari kaki. Masalah kulit ini dapat menular dan biasanya menyebar di area lembap atau basah, seperti ruang ganti dan kamar mandi.

Selain itu, berikut penyebab gatal pada telapak kaki seperti dikutip, Live Strong, Selasa (12/9/2017).

1. Kudis

Kudis umum memengaruhi telapak kaki, telapak tangan, wajah, leher dan kulit kepala. Namun, pada orang dewasa bisa juga terjadi pada bagian lipatan kulit, seperti di bawah payudara atau ketiak. Masalah satu ini benar-benar membutuhkan pengobatan dengan produk khusus yang diresepkan dokter seperti skabisida.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaki gatal juga disebabkan infeksi bakteri

2. Kaki atlet

Penelitian yang diterbitkan pada 2013 dalam The Foot, mencatat bahwa merendam kaki ke dalam bak berisi polifenol teh hijau dapat menjadi pengobatan yang paling standar. Sementara itu pada kondisi parah, tentu dibutuhkan obat antijamur dalam bentuk krim atau bubuk.

3. Pitted keratolysis

Infeksi bakteri yang terjadi pada telapak kaki ini dapat menyebabkan bau busuk yang mirip dengan ikan busuk. Rasa gatal akibat pitted keratolysis disertai dengan nyeri pada bagian bawah kaki.

Pengobatan telapak kaki gatal membutuhkan antibiotik oral dan topikal, krim antijamur dan resep antiperspirant untuk menyembuhkan infeksi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.