Sukses

4 Langkah Mudah Miliki Hidup Bahagia

Liputan6.com, Jakarta Hidup bahagia bukan soal memiliki uang banyak, populer, prestasi menjulang. Kebahagiaan itu diri sendiri yang juga mampu ciptakan.

"Banyak hal yang terjadi dalam hidup kita, termasuk kebahagiaan yang sering kita lupakan," kata psikolog Jason Wheeler.

Nah, berikut empat langkah mudah yang dilakukan para psikolog atau psikiater agar memiliki hidup positif dan bahagia, mengutip Health, Selasa (11/9/2017).

1. Sadar dengan aktivitas yang dilakukan

Di kehidupan modern seperti saat ini banyak orang sekadar menjalani hidup saja tanpa menyadari apa yang sedang dilakukan. Namun bagi Wheeler, hal itu membuatnya tidak berenergi.

"Saat berenang, saya sadar apa yang saya lakukan. Mulai dari mengambil napas sampai menggerakkan kaki. Usai berenang saya jadi merasa segar, bahagia, dan berenergi," kata Wheeler.

2. Saat sedih datang, bikin catatan syukur

"Jika aku sedang merasa 'down' atau cemas, aku langsung membuat daftar hal-hal yang aku syukuri," kata terapis Kasi Howard.

"Hal ini mampu mengangkat mood yang luar biasa hebat," katanya lagi.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

 

1 dari 2 halaman

Ngobrol

3. Gerak dan gerak

Tak cuma bikin Anda jadi langsing, olahraga mampu membuat tingkat stres seseorang jadi berkurang. "Lari adalah caraku agar tetap waras," kata Howard.

Ya, olahraga memang mampu membuat adrenalin melonjak lalu diikuti dengan pelepasan endorfin yang mampu membuat suasana hati jadi lebih baik.

4. Ngobrol

"Saya biasa menghabiskan waktu bersama suami untuk membicarakan tentang 'kami'. Hal itu mau membuat hubungan kami tetap kuat dan bahagia," kata psikolog Gail Saltz.

Ya, komunikasi memang adalah kunci dalam semua hubungan. Namun, bagi Anda yang belum memiliki pasangan, bisa ngobrol dengan keluarga atau sahabat.

Artikel Selanjutnya
6 Hal Ini yang Membuat Anda Masih Single
Artikel Selanjutnya
12 Cara Sederhana agar Bahagia di Tempat Kerja