Sukses

Terlalu Banyak Makan Buah pun Bahaya

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan untuk mengonsumsi 400-600 gram buah dan sayuran bagi orang dewasa.

Liputan6.com, Jakarta Buah sangat dianjurkan oleh para pakar kesehatan untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, seperti makanan lain, mengonsumsi buah pun ada batasannya. Sebab, terlalu banyak makan buah juga tak baik untuk tubuh Anda.

Dikutip dari situs Klik Dokter, Selasa (11/9/2017) buah merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Serat berguna untuk menjaga pencernaan dan melancarkan sistem metabolisme tubuh Anda.

Namun, terlalu banyak makan buah membuat tubuh menerima serat dalam jumlah berlebihan dan justru dapat mengganggu sistem pencernaan Anda.

Menurut departemen kesehatan di Columbia University, jumlah asupan serat yang terlalu banyak dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi, karena seluruh bagian perut telah dipenuhi serat. Selain itu, Anda juga mungkin akan mengalami sejumlah masalah pencernaan seperti perut kembung, keram perut, hingga diare.

Meski termasuk makanan sehat, buah-buahan tidak mengandung seluruh zat yang dibutuhkan tubuh. Beberapa jenis buah juga dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, tapi kurang mengandung asam lemak esensial serta asam amino yang diperlukan tubuh. Zat gizi esensial lebih banyak ditemukan pada daging, kacang, serta biji-bijian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengandung gula

Meski sehat, jangan pikir jenis buah-buahan yang Anda makan itu tidak mengandung gula. Buah pun mengandung gula alami yang disebut fruktosa. Meski alami, Anda tetap perlu mengontrol dan menghindari konsumsi fruktosa tersebut secara berlebihan.

Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat memicu berbagai penyakit. Salah satu dampak terlalu banyak mengonsumsi gula adalah meningkatnya kadar gula dalam darah yang berujung pada diabetes.

Porsi yang tepat

Agar Anda memperoleh manfaat yang maksimal dari buah, konsumsi buah secukupnya. Anjuran mengonsumsi buah yang baik yaitu sebanyak dua sampai tiga porsi dalam satu hari dan dengan jenis buah yang beragam.

Pedoman gizi seimbang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganjurkan untuk mengonsumsi 400-600 gram buah dan sayuran bagi orang dewasa. Sementara pada anak balita hingga usia sekolah, kebutuhan buah dan sayur adalah 300-400 gram per hari. Sekitar dua per tiga dari jumlah anjuran konsumsi sayuran dan buah tersebut adalah porsi sayur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.