Sukses

Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin B Tingkatkan Risiko Kanker Paru?

Penelitian terbaru mengungkap bahwa konsumsi vitamin B berlebihan bagi perokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang berpikir bahwa minum vitamin setiap hari merupakan kunci untuk tetap sehat. Namun ternyata, hal itu tidak sepenuhnya benar. Penelitian terbaru mengungkapkan, terlalu banyak asupan vitamin B6 dan B12 meningkatkan risiko kanker paru-paru, terutama bagi perokok.

Mengutip laman Fox News, Selasa (12/9/2017), menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam the Journal for Clinical Oncology, penelitian yang melibatkan 77 ribu orang berusia di atas usia 50, menanyakan tentang seberapa sering dan seberapa banyak asupan vitamin B6, B9 dan B12 selama 10 tahun terakhir.

Para peneliti juga menanyakan mereka soal apakah saat ini masih punya kebiasaan merokok, baik mantan perokok yang berhenti dalam waktu 10 tahun, mantan perokok yang berhenti lebih dari 10 tahun lalu, atau yang tak pernah merokok sama sekali. Kemudian, mereka melihat berapa banyak pastisipan yang mengalami kanker paru-paru.

Peneliti mengungkapkan bahwa pria yang merokok dan rutin meminum lebih dari 20 miligram vitamin B6 selama 10 tahun memiliki risiko tiga kali terkena kanker paru-paru dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum vitamin B6.

Tak hanya itu, peneliti juga mengungkapkan hubungan antara konsumsi vitamin B12 dengan kanker paru-paru. Pria perokok yang meminum lebih dari 55 mcg vitamin B12 setiap hari selama 10 tahun, memiliki risiko empat kali lipat terpapar kanker paru-paru dibandingkan dengan perokok yang tidak meminum vitamin B12.

Meski demikian, tidak terdapat kaitan konsumsi vitamin B dengan risiko kanker paru-paru pada wanita.

Saksikan video menarik berikut:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bagaimana dengan makanan yang mengandung vitamin B?

Meski vitamin B mampu meningkatkan risiko kanker paru-paru, bukan berarti perokok harus menghindari makanan yang mengandung vitamin B, seperti buncis, kerang, tuna, salmon, atau daging merah. Sumber makanan ini tidak terbukti meningkatkan kemungkinan kanker paru-paru Anda sama sekali.

Mengenai hubungan asupan vitamin B dengan kanker paru-paru, peneliti menjelaskan bahwa vitamin B dapat berinteraksi dengan asam amino tertentu dalam jalur metabolisme dan gangguan proses tersebut dapat mendorong perkembangan kanker.

"Ada kemungkinan juga bahwa tindakan dari vitamin B ini mempercepat perkembangan tumor paru yang terjadi akibat merokok," kata Theodore M Brasky, Ph.D, penulis dan peneliti Department of Internal Medicine, Ohio State University.

Selain itu, merokok juga bisa mempercepat perkembangan tumor yang dipicu oleh vitamin B.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kanker paru-paru merupakan penyebab kematian laki-laki nomor satu di Indonesia. Pada kanker paru-paru, sel paru menjadi abnormal & cancerous

    Kanker Paru-paru

Video Terkini