Sukses

Jalan Kaki 15 Menit Bikin Anda Tambah Kreatif

Berjalan tidak hanya murah, namun memiliki banyak manfaat lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Rutin jalan kaki memiliki manfaat yang jarang diketahui orang. Sebagian besar dari mereka justru relah merogoh kocek dalam untuk membayar biaya keanggotaan gym, padahal dengan berjalan kaki selama 15 menit ada manfaat besar yang akan didapat. 

Berikut manfaat lain dari berjalan kaki seperti dikutip dari situs Times of India, Kamis (14/9/17).

1. Tulang menjadi lebih kuat

Jika Anda berumur 30 tahun atau mendekati angka tersebut, ingat bahwa tulang Anda akan mulai rapuh setelah usia ini.

Massa tulang yang rendah dapat membuat Anda rentan terhadap masalah kesehatan yang berhubungan dengan tulang. Dengan berjalan kaki dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang.

2. Membakar kalori

Sebuah studi yang dilakukan di University of Tennessee mengklaim bahwa wanita yang memilih berjalan sebagai latihan rutin memiliki lemak tubuh yang lebih rendah dibanding wanita yang tidak berolahraga sama sekali.

Hal ini semakin terlihat pada kelompok usia 40 sampai 66 tahun. Hal ini juga harus diimbangi dengan pola makan yang sehat.

3. Meningkatkan mood 

Kita mungkin tidak pernah berpikir bahwa berjalan kaki selama 12 menit dapat meningkatkan suasan hati.

Menyempatkan waktu untuk berjalan kaki dapat menaikkan endorfin yang membuat suasana hati menjadi lebih baik dan mengurangi cemas.

Hal ini telah dibuktikkan oleh American Psychological Association saat melakukan eksperimen pada mahasiswa dan menemukan bahwa berjalan memberi dorongan positif pada suasana hati mereka.

4. Meningkatkan kreativitas

Menurut sebuah studi oleh Stanford, berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas daripada kebanyakan duduk. Suasana kantor yang sumpek dan berisik terkadang membuat kita susah untuk mencari ide bahan untuk di presentasikan kepada klien. Cobalah untuk berjalan-jalan sebentar untuk mendapatkan ide yang lebih kreatif.

5. Mempertajam otak

Sebuah studi di Frontiers of Aging Neuroscience mengklaim bahwa ketika Anda berjalan, ada koordinasi dan konektivitas yang lebih baik antara bagian otak yang berbeda.

Bahkan jalan kaki dapat membuat Anda terlindungi dari gangguan mental terkait usia.

Michelle Tania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini