Sukses

Kombinasi Pisang dan Susu Justru Menghambat Kerja Otak?

Liputan6.com, Jakarta Susu dan pisang sering dijadikan pilihan sebagian orang untuk sarapan. Bila Anda termasuk orang yang menyukai menu sarapan seperti itu, coba pikirkan lagi. 

Sebab, baru-baru ini para ahli tidak menyarankan untuk mencoba menu itu, karena pisang dan susu bukan kombinasi terbaik. Meski pisang dan susu adalah makanan penuh gizi, tapi jika dikonsumsi bersamaan tidak akan berjalan dengan baik.

Susu dipenuhi protein, vitamin dan mineral seperti riboflavin, kalsium, dan vitamin B 12. Per 100 gram susu mengandung 42 kalori. Namun, pepatah lama tentang susu menjadi makanan pelengkap tidak sepenuhnya benar karena tubuh kekurangan vitamin C, makanan berserat dan karbohidrat sangat sedikit. Susu dapat melengkapi kebutuhan protein kita setiap hari.

Sedangkan pisang diperkaya dengan vitamin B6, mangan, vitamin C, serat makanan, potassium, dan biotin. Setiap 100 gram buah kulit kuning ini mengandung 89 kalori, sehingga kenyang lebih lama dan mengisi energi yang hilang.

Tingginya karbohidrat, pisang sering dianggap sebagai makanan ringan sebelum atau sesudah latihan.

Apa yang terjadi jika susu dan pisang dikombinasi?

Kombinasi susu dan pisang mungkin tampak ideal karena termasuk makanan bernutrisi. Akan tetapi susu tidak memiliki serat makanan, yang tidak dimiliki pisang. Keduanya tidak melakukan hal yang sama saat dikonsumsi bersamaan.

Menurut penelitian, mengonsumsi pisang dan susu secara bersamaan tidak hanya mengganggu sistem pencernaan tapi juga mengganggu sinus. Hal ini menyebabkan kemacetan sinus, batuk, dan alergi lainnya seperti ruam pada tubuh.

Sementara banyak orang percaya bahwa mengonsumsi keduanya dapat menyembuhkan masalah pencernaan, alih-alih menyembuhkan, kombinasi kedua makanan ini dapat menyebabkan muntah dan perut mulas.

Kombinasi pisang dan susu bisa mengakibatkan toksifikasi pada tubuh yang akan mengganggu berbagai fungsi tubuh yang terjadi. Pisang dan susu dapat menyebabkan kenaikan berat badan secara drastis dan juga memperlambat aktivitas otak kita, seperti dikutip dari laman Times of India, Kamis (14/9/201). 

Cara terbaiknya untuk mengonsumsi pisang dan susu secara terpisah. Jika Anda ingin mengonsumsi ini sebelum atau sesudah latihan, maka makanlah pisang setelah 20 menit mengonsumsi susu. Jika ingin mengonsumsinya dengan produk susu tambahkan pisang ke yogurt .

(Michelle Tania)

 

Artikel Selanjutnya
7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan
Artikel Selanjutnya
4 Makanan Ini Rusak Metabolisme Tubuh Saat Anda Menikmatinya