Sukses

Awas, Ini 4 Penyebab Tumit Pecah-Pecah

Liputan6.com, Jakarta Tumit pecah-pecah merupakan masalah yang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Penyebab utama tumit pecah-pecah adalah kulit kering, kelebihan berat badan, menggunakan sepatu terbuka pada bagian belakang dan tekanan pada kaki meningkat karena berdiri berjam-jam.

Masalah seperti ini membuat kita menjadi kurang percaya diri. Anda mungkin tidak sadar jika kulit pecah-pecah tidak hanya disebabkan oleh kondisi kering, tapi juga masalah kesehatan lainnya. Jadi, apa saja penyebab tumit pecah-pecah? Simak empat alasannya, seperti dilansir dari laman Boldsky, Kamis (14/9/17).

1. Tekanan berlebih pada kaki

Kekeringan bisa menjadi salah satu tanda awal bahwa kaki Anda bermasalah. Tekanan berlebih pada kaki dengan kulit kering bisa menyebabkan tumit pecah-pecah. 

2. Infeksi jamur

Infeksi jamur juga bisa memengaruhi kondisi kaki Anda. Jamur bisa tumbuh subur di area hangat dan lembap serta membuat kaki Anda menjadi tempat yang sempurna bagi mereka untuk berkembang. Infeksi jamur sangat menular dan timbul melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi atau kontak tidak langsung dengan hal-hal seperti kaus kaki dan sepatu. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

1 dari 2 halaman

Psoriasis dan Eksim

3. Psoriasis

Psoriasis adalah suatu kondisi yang terjadi karena adanya kerak, keriput, dan bercak kemerahan yang tampak pada kulit. Hal ini bahkan bisa menyebabkan retak sedang dikembangkan di atas tumit.

4. Eksim

Eksim menyebabkan kulit jadi kering, merah, gatal, dan retak-retak. Faktor-faktor seperti stres, sabun, alergi makanan, dan bahkan cuaca bisa menjadi pemicu untuk kondisi ini. Itu sebabnya eksim pun kadang jadi pemicu timbulnya tumit pecah-pecah.

Michelle Tania

Artikel Selanjutnya
6 Cedera yang Sering Dialami Cheerleaders
Artikel Selanjutnya
Bahaya Gunakan Lipstik Saat Bibir Kering dan Pecah-Pecah