Sukses

Kurangi, 8 Makanan Ini Bisa Sebabkan Kanker

Beberapa makanan bersifat karsinogenik, sehingga bisa memperbesar risiko kanker.

Liputan6.com, Jakarta Ada karsinogen yang mengintai pada banyak makanan sehingga meningkatkan risiko kanker. Beberapa penelitian menemukan, ada keterkaitan antara daging merah dan kanker kolorektal.

Selain daging merah, berikut beberapa makanan lain yang sering dihubungkan dengan kanker, melansir Boldsky, Senin (11/9/2017):

1. Tomat Kalengan:

Lapisan semua makanan kaleng terbuat dari bahan kimia yang disebut bisphenol-A atau BPA. Bahkan, paparan kecil terhadap BPA dapat meningkatkan risiko kanker payudara, kanker prostat, infertilitas, pubertas dini, gangguan metabolisme dan diabetes tipe 2.

Disarankan untuk membeli tomat segar dari pasaran daripada memilih yang kaleng. Inilah salah satu makanan penyebab kanker yang harus dihindari.

2. Minyak terhidrogenasi:

Minyak terhidrogenasi digunakan untuk mengawetkan makanan olahan. Tapi minyak ini bisa mempengaruhi selaput selaput dan fleksibilitas dan bisa menyebabkan kanker. 

3. Beberapa produk susu:

Para ahli menemukan kaitan antara asupan kalsium tinggi dan pengembangan kanker prostat. Ini karena produk susu kaya kalsium bisa menurunkan hitung tubuh Anda sebesar 1,25-dihydroxyvitamin D3. Hormon ini dikenal melindungi pria terhadap sel kanker yang tidak subur.

4. Daging merah dan olahan:

Makanan ini mengandung berbagai bahan kimia dan bahan pengawet, termasuk natrium nitrat yang terkenal bisa menyebabkan kanker. Agar menikmati daging dengan bebas, Anda perlu mencari varietas organik dan bebas hormon.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alkohol dan gula

5. Roti:

Roti yang dipanggang dan makanan bertepung produk supermaket telah dicampur dengan potassium bromate. Hal ini dikenal sebagai karsinogen.

6. Gula halus:

Sel tumor menggunakan gula untuk memberi makan pada dirinya sendiri dan tumbuh. Untuk tumbuh, sel kanker berkembang pada pemanis kaya fruktosa seperti sirup jagung fruktosa tinggi.

7. Alkohol:

Penyalahgunaan alkohol juga merupakan penyebab utama kanker. Alkohol berlebihan adalah penyebab utama kanker mulut, kerongkongan, hati, usus besar, rektum dan kanker payudara.

8. Makanan tinggi asam lemak jenuh:

Wanita pasca menopause dengan asupan lemak jenuh tertinggi memiliki peningkatan risiko kanker payudara hingga lebih dari 30 persen, dibandingkan dengan mereka yang makan sedikit. Lemak ini hadir dalam lemak olahan, daging berlemak, keju dan makanan penutup yang mengandung mentega. Ini adalah makanan top yang bisa menyebabkan kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.