Sukses

5 Solusi Mudah Tangkal Bau Mulut

Walau tidak (selalu) mengganggu kesehatan, bau mulut adalah masalah serius yang sebaiknya segera dihilangkan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bau mulut adalah masalah serius. Tak hanya merusak percaya diri, hubungan sosial Anda juga bisa terpengaruh. 

Bau mulut biasanya disebabkan oleh dehidrasi atau efek mengonsumsi makanan yang meninggalkan bau. Jika bukan disebabkan oleh penyakit di dalam tubuh, ada beberapa cara mudah untuk menangkal ganggun ini. Seperti melansir Boldsky, Minggu (10/9/2017):

1. Banyak Minum Air

Jika ada obat ajaib, itu adalah air. Bahkan sebuah apel tidak bisa bersaing melawan kegunaannya. Dan itulah mengapa Anda harus lebih sering minum memiliki bau mulut.

Air akan membersihkan semua bakteri penghasil bau dan partikel makanan di mulut. Ingatlah untuk minum beberapa gelas (dan bilas mulut Anda) setelah makan sesuatu.

2. Mengunyah Beberapa Sayuran Renyah

Tindakan mekanis mengunyah sesuatu yang padat secara alami membersihkan semua plak yang menempel di gigi dan gusi Anda (yang menyebabkan bau mulut di tempat pertama). Air di dalam sayuran seperti mentimun, akan membilas mulut Anda sehingga lebih segar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Yoghurt dan Rempah-Rempah

3. Minum Yoghurt

Yoghurt mengumpulkan bakter baik dalam usus. Mengonsumsi secangkir yoghurt bebas gula dua kali sehari selama enam minggu secara alami bisa menyingkirkan bau mulut Anda yang buruk.

4. Permen Karet Bebas Gula

Permen karet melepaskan semua makanan yang menempel pada gigi, gusi, dan lidah. Beberapa di antaranya (seperti permen xylitol) juga mencegah bakteri tumbuh kembali.

5. Tanpa gula. Hanya Rempah-rempah

Makanan yang kaya rempah, selain enak, ternyata juga baik untuk mulut. Ramuan dan bumbu dapat membantu Anda menyembuhkan bau mulut. Konsumsilah makanan yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah seperti, daun mint, peterseli, adas biji, adas manis, dan cengkeh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.