Sukses

Perawatan Murah Meriah untuk Singkirkan Bekas Jerawat

Menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci muka dua kali bisa bantu menyingkirkan bekas jerawat.

Liputan6.com, Jakarta Saat jerawat sudah mengempis, pasti semua wanita memikirkan cara menyingkirkan bekasnya. Meski ada banyak perawatan di klinik kecantikan yang menawarkan cara kilat untuk hilangkan bekas jerawat, rupanya ada cara yang jauh lebih mudah dan murah menyingkirkan bekas jerawat Anda.

dr Nadia Octavia dari Klikdokter.com, membenarkan penggunaan perawatan bekas jerawat memang dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Sehingga sel kulit baru akan lebih cepat timbul dan bekas jerawat pun akan tersingkirkan.

Namun, jauh sebelum jerawat tumbuh sebenarnya Anda bisa membuat bekas jerawat cepat menghilang dengan cara berikut ini. 

1. Menghindari kebiasaan memencet atau menyentuh jerawat.

2. Menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci muka dua kali sehari menggunakan sabun yang memang khusus untuk kulit berjerawat.

3. Menghindari mengobati jerawat dengan bahan apa pun yang belum terbukti secara medis (misalnya dengan mengoleskan pasta gigi).

4. Jika sedang ber-jerawat, Anda harus segera mengobatinya dan jangan ditunda-tunda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan asupan makanan

Dokter Nadia juga mengatakan untuk mengusir bekas jerawat, Anda harus memperhatikan konsumsi makanan yang mengandung Astaxanthin, OPC (Oligomeric Proanthocyanidin Complex) dan vitamin C yang dapat bantu percepat hilangkan bekas jerawat.

Khususnya, astaxanthin dan OPC berperan dalam menghambat peradangan bekas jerawat. Sementara, vitamin C dapat mempercepat penyembuhan luka. Anda juga perlu memperbanyak asupan antioksidan untuk mencegah peradangan.

"Sebelum menangani bekas jerawat, pastikan jerawat sudah bersih dan teratasi. Ingat, jerawat yang masih meradang justru dapat menyebabkan bekas jerawat baru. Untuk mendapatkan perawatan yang tepat, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit," ujar dr Nadia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat