Sukses

Bau Mulut Makin Mengganggu? Hindari 5 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Kebersihan mulut Anda sudah terjaga, sayang Anda masih mengalami masalah bau mulut. Hal ini tentu bisa menurunkan rasa percaya diri, terutama saat melakukan percakapan dengan seseorang. Bau mulut juga dapat disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi.

Jika Anda tidak ingin mengalami masalah ini, perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Apa saja? Simak ulasannya, seperti yang dilansir dari laman Boldsky, Jumat, (8/9/2017).

1. Bawang

Sebagian masakan menggunakan bawang sebagai penambah cita rasa pada makanan. Tanpa bawang, makanan jelas akan terasa hambar. Namun mengonsumsi bawang ternyata dapat memicu bau mulut. Hal ini karena bawang mengandung senyawa belerang, yang dilepaskan melalui air liur dan aliran darah. Jadi saat kita memakannya, akan tercium seperti bau busuk.

2. Kopi

Sebagian orang mungkin mengawali aktivitas pagi mereka dengan secangkir kopi. Jika Anda penggemar kopi, sebaiknya mulai kurangi. Mengapa? Kopi mengandung asam yang mendorong bakteri berkembang dan dapat membuat mulut Anda terasa kering.

Simak juga video menarik berikut ini:

Hindari makanan manis

3. Daging dan ikan

Mengonsumsi daging memang bagus bagi kesehatan karena banyak mengandung protein. Diketahui produk daging yang padat, termasuk daging merah dan ikan, dapat menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Sebagai alternatifnya, Anda bisa ganti dengan makan ayam.

4. Keju

Pernah bertanya-tanya mengapa keju sangat bau? Hal itu karena keju terbuat dari susu yang mengental. Semuanya memiliki warna, tekstur, rasa, dan aroma yang berbeda tergantung dari jenis bakteri dalam campuran keju. Setiap gigitan keju mengundang bakteri masuk ke mulut Anda dan ini yang menyebabkan mulut mengeluarkan bau tak sedap.

5. Minuman dan makanan manis

Gula tidak hanya menyebabkan mulut Anda menjadi sangat asam, tapi juga mempercepat kerusakan gigi. Gula juga merupakan makanan utama bagi semua bakteri yang sudah ada di dalam mulut Anda karena dengan hanya menyikat gigi, tidak bisa menyingkirkan semuanya.

(Michelle Tania)

Artikel Selanjutnya
7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan
Artikel Selanjutnya
Empat Cara Ampuh Mencegah Aroma Tidak Sedap pada Mobil