Sukses

5 Tips agar Tidur Anda Jauh Lebih Nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Aktivitas harian yang padat merayap, sering kali membuat kita segera ingin istirahat. Namun, hal ini tidak semudah yang kita bayangkan. Sebagian orang mungkin mengalami insomnia, sehingga mereka terjaga sepanjang malam. Istirahat yang cukup dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang. Selain itu, kurang tidur juga dapat menimbulkan masalah pada kesehatan.

Untuk membuat mata lelah dan mengantuk, coba deh santai sejenak sambil membaca buku, cuci muka, matikan telepon genggam, dan redupkan lampu sebelum waktu tidur malam. Jika hal ini tidak berhasil juga, Anda dapat mencoba beberapa tips agar mendapatkan kualitas tidur yang maksimal, seperti yang dilansir dari laman Bustle, Kamis, (7/9/2017).

1. Membaca dan mendengarkan musik

Jika Anda tidak bisa tertidur, jangan merasa stres selama berjam-jam.

"Beranjak dari tempat tidur, lalu cobalah membaca atau mendengarkan musik lembut untuk membantu mengalihkan perhatian otak dan Anda akan merasa ngantuk kembali," kata Jamie Logie, instruktur kesehatan dan kebugaran.

Begitu Anda merasa mengantuk, Anda bisa langsung mencoba untuk tidur.

2. Menghalau cahaya masuk

Cahaya kamar yang gelap akan membuat kita lebih mudah untuk tertidur. Jadi, matikan lampu dan halau semua cahaya yang masuk ke kamar. Ingatlah untuk selalu redupkan lampu kamar beberapa jam sebelum tidur. Logie mengatakan, terpapar cahaya terang, seperti televisi, lampu, atau telepon genggam bisa membuat Anda lebih sulit tidur.

Camilan sebelum tidur

3. Konsumsi almond dan pisang

Beberapa makanan ternyata dapat membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak, semua berkat nutrisi antistres pada makanan tersebut. Seperti yang dikatakan Julie Tramonte, sleep advocate dari Verlo Mattress, kacang almond adalah pilihan tepat untuk dosis magnesium yang santai. Pisang juga memiliki magnesium, serta triptofan yang mampu merangsang tidur.

4. Latihan pernapasan

Cari posisi nyaman pada tempat tidur Anda dan coba lakukan latihan pernapasan 4-7-8.

"Teknik ini juga dikenal sebagai the relaxing breath dan membantu tidur lebih nyenyak," terang Tramonte.

Untuk melakukannya, cukup bernapas melalui hidung selama empat hitungan, tahan selama tujuh hitungan, lalu hirup keluar melalui mulut pada hitungan delapan.

(Michelle Tania)

Artikel Selanjutnya
Clean Sleeping, Cara Tidur yang Bikin Tubuh Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Jangan Anggap Sepele, Ini Cara Memilih Bantal yang Baik Buat Anda