Sukses

Kenapa Tidak, Berteman dengan Mantan Istri atau Suami?

Liputan6.com, Jakarta Ben Afleck dan Jennifer Garner sudah resmi bercerai. Meski sudah menjadi mantan, mereka masih tetap berteman baik. Bukan cuma mereka, masih banyak pasangan lain yang memilih untuk berteman dengan mantan.

Peneliti dari University of Kansas, Amerika Serikat, pun mencari tahu alasan seseorang yang bercerai tapi tetap berhubungan baik dengan mantan. Peneliti mensurvei 115 pria dan 173 wanita. Hasilnya, sekitar 59 persen memilih untuk tetap berteman dengan mantan, seperti dikutip dari laman Women's Health, Rabu (6/9/2017).

Ada tiga faktor utama yang membuat seseorang memilih berhubungan baik dengan seseorang yang dulu dicintai, yakni:

1. Keamanan

Saat seseorang berteman dengan mantan atas dasar keamanan, biasanya karena tak ingin kehilangan dukungan emosional atau saran yang selalu dibutuhkan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

2. Alasan praktis

Bisa jadi pasangan tersebut sudah memilki anak sehingga memilih untuk berteman agar bisa mengasuh anak bersama dan tetap saling bergantung dalam hal finansial. Bisa juga karena malas untuk memilah aset yang pernah dimiliki.

3. Sopan

"Pernah berhubungan baik bahkan amat dekat, ya kok lalu kok jadi bermusuhan?" Kira-kira ini yang menjadi alasan ketiga seseorang tetap menjalin hubungan dengan mantan. Tak perlu ada drama atau hal-hal tak menyenangkan walau hubungan sudah berakhir.

Selanjutnya dilakukan studi kedua. Mereka yang memilih berteman dengan mantan karena alasan keamanan dan praktis memiiliki hasil akhir positif dalam hubungan. Pertemanan yang terjadi kemungkinan besar berlangsung jangka panjang. 

Artikel Selanjutnya
Diterpa Perceraian, Ini Isi Percakapan Caisar dengan Indadari
Artikel Selanjutnya
Tak Kunjung Pulang, Anak Mencari Keberadaan Caisar