Sukses

Tips Hindari Pertengkaran Pasangan agar Tak Berujung Pembunuhan

Liputan6.com, Jakarta Pertengkaran merupakan hal yang wajar terjadi dalam pernikahan. Hal ini merupakan wadah pasangan untuk saling mengerti satu sama lain. Sayangnya, beberapa pertengkaran malah berujung tragis, misalnya seperti kasus pembunuhan pegawai BNN yang diduga dilakukan oleh suaminya sendiri.

Untuk itu, penting bagi pasangan suami istri saling meredam emosi saat berselisih pendapat. Komunikasi yang baik adalah kunci utamanya.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah pertengkaran bagi pasangan suami istri, seperti dilansir dari laman Web MD, Rabu (6/9/2017).

1. Tidur

Beberapa terapis mengatakan bahwa meluapkan kemarahan bukanlah hal bijak, cobalah untuk tidur.

"Tidur membantu pasangan untuk membersihkan pikiran," ucap Liza Earle McLeod, penulis.

Saat terbangun, cobalah untuk membicarakannya dengan baik, ingatlah momen-momen indah yang telah Anda lalui agar emosi yang tersisa dapat Anda redam.

2. Tenangkan diri

Cobalah untuk menarik napas panjang saat Anda dan pasangan bertengkar. Tenangkan diri Anda selama 30 detik agar lebih rileks dan tidak meledak-ledak.

"Diam sejenak, keluar dari ruangan dan tarik napas, coba bicarakan ketika Anda dan pasangan merasa lebih tenang," ucap konselor klinis Timothy Warneka.

3. Diam dan coba tenangkan pasangan dengan sentuhan

"Tidak ada gunanya membahas masalah dengan amarah. Cobalah untuk tenangkan pasangan Anda dengan menggenggam tangannya," saran Brooke, penulis The Blame Game.

Sentuhan seperti menggenggam tangan atau sedikit pelukan nyaman dapat menenangkan saraf sehingga mampu meredam amarah. 

 

Saksikan video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

4. Ingat hal penting dalam hidup Anda dan pasangan

Pahami bahwa pertengkaran seringkali berujung pada hal buruk, seperti perceraian dan perselingkuhan. Jika Anda tidak ingin merasakan hal tersebut, cobalah ingat apa hal penting dalam hidup Anda dan pasangan. Jika Anda dan pasangan saling mencintai, besar kemungkinan untuk melewati pertengkaran dengan jalan keluar yang baik.

5. Hindari ketegangan

Emosi seringkali membuat pertengkaran berlangsung semakin tegang. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengurangi ketegangan dengan melakukan hal-hal jenaka sebelum pertengkaran menjadi besar.

6. Cegah masalah menjadi besar

Seringkali pasangan memendam apa yang dirasakan. Hal ini akan menumpuk sehingga meledak sewaktu-waktu dalam bentuk pertikaian hebat. Untuk mencegahnya, bicarakan setiap masalah yang Anda hadapi. Kemampuan untuk melalui setiap permasalahan akan menguatkan hubungan Anda dan mencegah pertengkaran besar terjadi.

Artikel Selanjutnya
Seperti Kasus Pegawai BNN, Angka Suami Bunuh Istri Lebih Tinggi
Artikel Selanjutnya
Bertahun-tahun Cekcok dengan Pasangan? Segera Cari Bantuan