Sukses

Selain Kanker, Merokok Juga Bisa Picu Kebutaan

Risiko kebutaan mengintai para perokok yang merokok dalam jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya menyebabkan kanker, merokok terus menerus juga bisa memicu seseorang mengalami kebutaan, menurut dokter dari the All India Institute of Medical Sciences.

Mengutip laman Boldsky, Rabu (6/9/2017), beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena katarak dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Selain itu, merokok selama 5 atau 10 tahun, dapat memiliki efek serius pada vena mata dan dapat menyebabkan hilangnya penglihatan.

Dr Atul Kumar, pimpinan Dr Rajendra Prasad Center for Ophthalmic Sciences (AIIMS) mengatakan bahwa merokok menyebabkan kebutaan ireversibel.

"Banyak orang tahu merokok dapat menyebabkan kanker, namun belum banyak yang sadar bahwa merokok menyebabkan kebutaan," ucap Dr Kumar.

Lebih lanjut dia mengatakan, dari orang-orang yang datang ke AIIMS dengan masalah penglihatan dan kehilangan penglihatan setiap tahun, sekitar 5 persen kasus terkait dengan kebiasaan merokok.

Dr Kumar mengatakan bahwa survei kebutaan nasional di India sedang dilakukan bekerjasama dengan Union Health Ministry. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan data tentang orang-orang tuna netra di India.

Menurut Praveen Vashisht, yang bertanggung jawab atas Community Ophthalmology, pengumpulan data telah selesai di 19 kabupaten di 30 distrik yang dipilih untuk survei tersebut.

Survei ini diharapkan selesai pada Juni tahun depan. Hasil survei diharapkan dapat menyadarkan orang-orang yang memiliki kebiasaan merokok.

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Herbal untuk bantu berhenti merokok

Jika Anda ingin menghilangkan kebiasaan merokok, herbal di bawah ini dapat membantu Anda.

1. Licorice

Salah satu ramuan terbaik yang membantu seseorang untuk berhenti merokok adalah licorice. Jika Anda memiliki keinginan untuk merokok, kunyahlah licorice.

2. Ginseng

Ambil satu sendok bubuk ginseng dan campurkan ke jus, sereal, oatmeal atau sup Anda. Ini membantu dalam melawan hasrat untuk merokok. Waktu yang tepat untuk minum ramuan ginseng adalah pagi hari.

3. Daun mint

Mint adalah salah satu ramuan terbaik untuk mendetoksifikasi tubuh. Rebus daun mint ke dalam air mendidih, lalu biarkan selama beberapa menit dan kemudian minum.

Ini membantu menenangkan saraf dan meningkatkan sirkulasi dan membantu meredakan sakit kepala akibat nikotin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.