Sukses

3 Hal Kecil yang Bisa Rusak Kesuburan Pria

Deborah Anderson-Bialis, co-founder FertilityIQ, menguraikan kebiasaan pria berikut yang ternyata bisa merusak kesuburan.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga fertilitas atau kesuburan akan menjadi penting apalagi jika pasangan sedang merencanakan kehamilan. Anda dan pasangan bisa memulainya dengan menjaga gaya hidup sehat.

Deborah Anderson-Bialis, co-founder FertilityIQ, sebuah layanan yang menghubungkan pasien dengan informasi kesuburan di Amerika Serikat, berbagi fakta menarik terkait kebiasaan yang dapat menurunkan kesuburan, khususnya pada pria.

Apa saja ya kebiasaannya itu? Berikut seperti dikutip Men's Fitness, Selasa (5/9/2017).

1. Olahraga terlalu keras

"Latihan fisik yang berlebihan dapat menuingkatkan hormon stres yang pada akhirnya mempengaruhi kesuburan pria," katanya.

2. Konsumsi obat antihipertensi dan antidepresan

Efek samping dari obat antihipertensi dan antidepresan dapat menyebabkan disfungsi ereksi. "Jadi pastikan Anda berbicara dengan dokter tentang penggunaan alternatif dengan efek samping obat hipertensi dan depresan yang paling sedikit menimbulkan efek samping," ujarnya.

3. Celana terlalu ketat

Ini bukan mitos, ujar Deborah. Pakaian dan celana yang terlalu ketat dapat menyebabkan testis panas dan kondisi ini dapat menurunkan jumlah sperma yang berpotensi menyebabkan masalah kesuburan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.