Sukses

Bukan Sit Up untuk Atasi Perut Buncit, tapi 2 Olahraga Ini

Liputan6.com, Jakarta Perut buncit akibat otot bagian perut yang lemah dan mulai kendur dapat diatasi dengan rutin berolahraga. Olahraga yang dipilih harus dapat melatih otot-otot di perut sehingga lebih kuat.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari Slim and Health Sport Therapy Jakarta, Michael Triangto, tidak lagi menganjurkan untuk melakukan sit up. Ada pun olahraga yang baik untuk mengatasi perut buncit bagi pemula adalah crunch (perut atas) dan leg rise (perut bawah).

"Sit up tidak lagi dianjurkan karena lebih sering menimbulkan cedera," kata Michael kepada Health Liputan6.com, Selasa (5/9/2017)

Crunch lebih baik ketimbang sit up untuk perut rata

Michael, menjelaskan, bila saat sit-up si pelaku melakukan gerakan dari tidur sampai duduk, sedangkan crunch hanya bangkit setengah agar otot perut terlatih sempurna.

Bila ingin lebih kena lagi, bisa ditambahkan gerakan ke kanan dan ke kiri saat gerakan duduk setengah.

"Itu adalah gerakan dasar melatih otot perut," kata Michael menambahkan.

Gerakan Penyimbang

Anda dapat melakukannya sebanyak empat sampai lima set. Kemudian, tambahkan gerakan superman position atau back up free untuk melatih otot penyeimbang, yaitu otot pinggang.

"Kalau untuk otot pinggang cukup dua set. Itu harus dilakukan. Sebab bila tidak akan terjadi ketidakseimbangan otot," kata Michael.

Itulah gerakan yang mesti Anda coba untuk menangani perut buncit.

Artikel Selanjutnya
Penyebab Perut Buncit yang Tak Bisa Hilang dengan Olahraga
Artikel Selanjutnya
Intip Pose Yoga Super Menantang Istri Sutradara Warkop DKI Reborn