Sukses

Cerita Ibu dengan Morning Sickness Parah seperti Kate Middleton

Liputan6.com, Jakarta Di tengah kabar gembira atas kehamilan Kate Middleton yang ketiga, ada hal yang tidak menyenangkan. Istri Pangeran William lagi-lagi mengalami hyperemesis gravidarum (HG), yakni sebuah kondisi morning sickness parah, seperti saat mengandung George (4) dan Charlotte (2).

Wanita yang mengalami hiperemesis gravidarum saat hamil seperti Kate Middleton akan mual dan muntah secara berlebihan sampai-sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi tersebut membuat Kate terpaksa membatalkan tugas kenegaraannya pada Senin (4/9/2017).

Tak cuma Kate yang mengalami HG tiga kali. Caitlin Dean yang juga Ketua UK Pregnancy Sickness Support merasakan apa yang Kate alami.

"Wanita yang pernah mengalami HG, berpikir pada saat hamil selanjutnya tak bakal mengalami lagi. Namun, ketika sudah dua kali hamil dan mengalami hal yang sama, pada saat hamil ketiga harus siap dengan risiko mengalami HG lagi," kata Dean.

Dua kali merasakan hal tak menyenangkan itu, saat hamil ketiga kali dia merasa sudah lebih siap fisik dan mental. "Saya tahu bahwa saya bisa melewatinya dan tahu perawatan apa yang penting untuk dilakukan," cerita Dean mengutip Health, Selasa (5/9/2017).

Walau begitu, dia mengingatkan bisa saja tingkat keparahan HG berbeda di setiap kehamilan. Bisa lebih parah atau ringan dibandingkan kehamilan sebelumnya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

 

1 dari 2 halaman

Pesan untuk Kate dan Wanita Lain dengan HG

Sebagai wanita yang telah sukses melewati tiga kehamilan dengan morning sickness parah, Dean punya pesan untuk wanita yang mengalami HG. Dean membenarkan ada rasa deg-degan saat hamil anak kedua atau ketiga bila sebelumnya mengalami hiperemesis gravidarum. Namun, ingat yang terpenting adalah persiapan.

Dengan persiapan matang sebelum kehamilan, kata Dean, mampu membuat perubahan besar saat menjalani kehamilan dengan kondisi tersebut. Mulai dari persiapan pembagian tugas dengan suami hingga keuangan.

"Rata-rata wanita tidak memiliki kehidupan seperti Kate yang memiliki fasilitas dan orang-orang yang memasak dan bersih-bersih atau merawat anaknya. Jadi, bagi wanita biasa, persiapan itu penting," tekannya. 

Persiapan juga berarti memberi tahu anak-anak apa yang bakal terjadi dengan ibu mereka saat hamil dengan kondisi HG. Mulai dari ibu jadi jarang bisa menemani bermain hingga sering keluar masuk rumah sakit.

"Jika Anda tidak memberi tahu anak-anak sebelumnya, sementara Anda tiga hari berbaring di rumah sakit hal itu hanya membuat mereka jadi khawatir," kata wanita yang juga penulis buku How To Be an HG Hero.

"Kondisi ini membuat wanita hamil dengan HG jadi tak berdaya dan begitu sengsara. Semoga saja, anak-anak termasuk George dan Charlotte mampu memahami kondisi sang ibu," kata Dean lagi.

Artikel Selanjutnya
Heboh Prediksi Nama Calon Anak Ketiga Kate Middleton
Artikel Selanjutnya
5 Sebab Kate Middleton Alami Mual dan Muntah Parah