Sukses

Kini, Usia Pria Jadi Ayah Makin Tua

Di 1972, rata-rata usia pria menjadi ayah saat 27,4 tahun. Kini menjadi 30,9 tahun. Mengapa begitu?

Liputan6.com, Jakarta Aktor George Clooney menjadi ayah saat 56 tahun, lalu penyanyi Jay Z kala 47 tahun. Tidak cuma selebriti dan pria kaya saja yang kini menjadi ayah di usia tua. Hasil studi menunjukkan makin banyak pria di Amerika Serikat menjadi ayah di atas 30 tahun.

Pada 1972, rata-rata usia pria menjadi ayah ketika 27,4 tahun. Sekitar 43 tahun kemudian atau tepatnya di 2015, rata-rata pria Negara Paman Sam menimang buah hati saat 30,9 tahun mengutip USA Today, Minggu (3/8/2017).

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction ini juga menemukan data ada peningkatan jumlah pria yang menjadi ayah pertama kali saat 40 tahun. Dari 4,1 persen di tahun 1972, kini menjadi 8,9 persen. Lalu, ayah berusia 50 tahun dari 0,5 persen menjadi 0,9 persen.

Tak cuma ayah, usia wanita menjadi ibu pun kini lebih tua. Menurut pemimpin studi dari Stanford Stanford School of Medicine, Amerika Serikat, Michael Eisenberg, wanita masa kini memang cenderung menunda pernikahan dan memiliki anak. Sebagian besar memilih fokus terlebih dahulu pada pendidikan dan karir.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tren ini terjadi di negara-negara industri

Tren ini tak hanya terjadi di Amerika Serikat, tapi juga negara-negara industri. Fakta ini menunjukkan, di masa depan bakal banyak keluarga-keluarga kecil dari individu berusia matang.

"Semakin sedikit anak yang lahir, berarti semakin sedikit pekerja produktif di masa depan. Hal ini jelas berdampak pada ekonomi sebuah negara," kata Eisenberg. 

Apakah Anda termasuk dalam statistik individu yang akan atau baru memiliki momongan ketika usia sudah matang?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini