Sukses

Ini Dampak Berlebihan Makan Daging

Guna mencegah sembelit, pastikan makan daging diimbangi dengan buah dan sayur.

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya Idul Adha sudah berlalu dua hari, tapi sebagian dari kita masih memiliki stok daging kurban. Walau tersisa banyak olahan daging yang tersedia, dokter spesialis penyakit dalam RS Ciptomangunkusumo, Ari Fahrial Syam, menyarankan tidak mengonsumsi daging berlebihan.

"Dampak langsung akibat mengonsumsi daging berlebihan adalah sembelit," kata Ari dalam rilis yang diterima Health-Liputan6.com.

Guna mencegah sembelit, pastikan mengonsumsi daging sapi atau kambing secukupnya. Lalu, imbangi dengan meningkatkan asupan serat hingga 20-35 gram per hari.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asupan serat kurangi kolesterol

Mengonsumi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayur juga bisa mengurangi efek samping lain dari mengonsumsi daging.

"Sayur dan buah-buahan akan mengurangi serapan kolesterol di usus halus," kata Ari lagi.

Jadi, sambil makan sate kambing bisa ditemani misalnya dengan lalapan atau saat makan rendang sapi bisa dengan sayuran rebus. Malah, makanan jadi makin nikmat. 

Pastikan Anda mendapat asupan serat yang cukup saat makan mengonsumsi daging agar tak sembelit.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Sembelit dikenal juga dengan istilah konstipasi. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan gangguan atau masalah pada sistem pencernaan

    Sembelit

  • daging