Sukses

7 Kebiasaan Dianggap Baik Ini Dapat Merusak Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Banyak hal-hal yang kita anggap baik karena dapat mengatasi sebuah masalah kesehatan justru dinilai tidak baik.

Berikut kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat mengganggu kesehatan, seperti dikutip dari situs Boldsky, Kamis, 7 September 2017.

1. Mencegah bersin

Saat Anda mencoba mencegah bersin, tekanan intrakranial akan meningkat. Hal ini akan mengganggu aliran darah ke otak dan pembuluh darah, menyebabkan jaringan saraf tertekan.

Hal ini akan menyebabkan sakit kepala, kerusakan pada pembuluh darah, dan bahkan masalah pendengaran. Inilah salah satu kebiasaan buruk yang bisa memengaruhi kesehatan Anda.

2. Menggunakan parfum aroma menyengat

Parfum, terutama yang mengandung zat sintetis menghasilkan aroma lebih kuat. Zat ini bisa menyebabkan pusing, mual, dan kantuk.

Bisa juga mengiritasi mata, tenggorokan, dan kulit. Sebaiknya, tukar parfum dengan minyak esensial.

3. Menggunakan ponsel sebelum tidur

Cahaya buatan bisa menekan produksi hormon melatonin yang mengatur tidur dan tetap terjaga. Tingkat melatonin yang rendah dapat menyebabkan depresi, kanker, penyakit jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang rapuh.

4. Menyimpan makanan dalam wadah plastik

Kotak plastik mengandung zat kimia buatan seperti phthalate dan bisphenol A yang membantu mempertahankan fleksibilitasnya.

Jika makanan disimpan dalam plastik untuk waktu yang lama, maka zat ini bisa meresap ke dalam makanan. Konsumsi ini bisa mempengaruhi sistem endokrin. Kebiasaan ini dapat merusak kesehatan.

5. Menyikat gigi tepat setelah makan

Makanan atau minuman yang bersifat asam bisa berpengaruh pada enamel gigi dan juga lapisan di bawahnya. Gerakan sikat cenderung mendorong asam lebih dalam dan lebih dekat ke dentin. Hal ini dapat menyebabkan kepekaan dan juga merusak email. Ini merupakan salah satu kebiasaan terburuk bagi kesehatan.

6. Sering menggunakan sabun antibakteri

Banyak bakteri bermanfaat hidup di permukaan kulit kita dan berperan penting dalam melindungi kulit kita.

Jika kita sering menggunakan sabun antibakteri, maka akhirnya kita mengeluarkan bakteri baik dari kulit dan bakteri berbahaya bisa masuk ke tubuh kita.

7. Mengenakan celana jins ketat

Jins ketat sering menekan kulit dan ujung saraf. Hal ini dapat menyebabkan perasaan ketidaknyamanan yang konstan yang dapat menyebabkan masalah pada sistem saraf.

Aliran udara yang berkurang ke kaki juga bisa menyebabkan rasa gatal dan gatal, yang membuat kaki menjadi mati rasa. Inilah salah satu kebiasaan sehari-hari yang bisa membahayakan kesehatan.

(Michelle Tania)

Artikel Selanjutnya
Bau Mulut dan Keseimbangan Energi, Ini 5 Penyakit Rekaan Populer
Artikel Selanjutnya
Melakukan Kegiatan Seni di Usia Tua Bisa Cegah Pikun