Sukses

Dulu Gemuk, Postur Mantan Personel Boyband Ini Bikin Pangling

Liputan6.com, Jakarta Saat masih tergabung di boyband, tubuh pria ini tergolong gemuk. Setelah pensiun dari Dragon Boyz, badan Risa Firmansyah berubah jadi kekar dan berotot. Lihat pergelangan lengannya dan perutnya yang six pack. Siapa yang menyangka tubuhnya bisa atletis seperti atlet binaraga?

Semuanya berawal dari perubahan pola hidup sehat. Pria asal Bandung ini terbiasa bangun di pagi hari, salat Subuh, dan langsung berangkat nge-gym. Secara khusus, ia bertutur soal transformasi kebugarannya kepada Health-Liputan6.com, Kamis (31/8/2017). 

Tidak Putus Asa

"Memiliki bentuk tubuh ideal memang bukan hal mudah, selain berolah raga perlu juga ditunjang dengan gaya hidup sehat."

Berat Badan Ideal

"Memiliki berat badan 69 kg dengan tinggi 168 cm, menjadikan bentuk tubuh saya kurang ideal. Selain tidak ideal, memiliki berat badan berlebih membuat tubuh kurang fleksibel dan sulit untuk mencari ukuran baju yang pas. Apalagi dulu di antara personel boyband, saya memiliki tubuh paling gemuk.

1 dari 3 halaman

Transformasi pembentukan otot tubuh

Transformasi

"Tidak nyaman dengan kondisi badan yang kurang ideal. Saya bertekad memulai latihan dengan cara olah raga di rumah seperti lari pagi, push up, sit up, dan pola diet rendah kalori (mengurangi asupan gula)."

Tahapan Transformasi

"Tidak cukup puas dengan pola latihan di rumah, akhirnya saya memutuskan untuk join di salah satu pusat kebugaran. Pola latihan (weight training) fokus pada pembentukan otot tubuh disertai kardio yang cukup. Sebelum memulai weight training, saya lari dulu selama 15 menit."

2 dari 3 halaman

Rahasia pola diet

Dukungan Media Sosial

"Media sosial digunakan secara positif dengan melihat akun media sosial sejenis seperti Instagram cara diet yang sehat, latihan otot yang baik serta mengikuti akun orang-orang yang menyukai olah raga dan juga hidup sehat, sehingga saya termotivasi untuk hidup sehat.
Banyak info dari media sosial yang sangat bermanfaat, mulai dari asupan gizi yang baik untuk badan, kandungan nutrisi dalam makanan dan pola latihan yang baik dan tepat."

Pola Diet

Pola diet yang saya gunakan hanya mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Seperti halnya menghindari makanan yang terlalu manis, mengganti makanan yang tinggi karbohidrat dengan tinggi protein. Dan yang pasti melakukan olah raga minimal 3 kali dalam seminggu.

Setelah diet sehat yang dijalaninya berhasil, Risa Firmansyah merasa hari-harinya lebih sehat dan bahagia. Kalau dulu berat 69 kg didominasi lemak, sekarang gantian dominasi otot mengiringi keseharian pria dengan berat badan 63 kg.

Artikel Selanjutnya
Bertubuh Macho Bak Binaragawan, Bocah 7 Tahun Digilai Wanita