Sukses

Agar ASI Mengalir Lancar, Ini yang Perlu Ibu Perhatikan

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya saat hamil, ibu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi saat menyusui. Kata pakar, asupan nutrisi berpengaruh terhadap produksi Air Susu Ibu (ASI).

“Ibu memerlukan energi yang cukup untuk dapat memproduksi ASI dengan lancar dan dengan kualitas yang baik. Untuk itu, asupan karbohidrat, protein, dan lemak pun harus terpenuhi dengan baik melalui pola makan yang teratur dengan porsi seimbang," kata dokter spesialis gizi klinis, Juwalita Surapsari.

Selain zat gizi makro, ibu juga perlu memenuhi asupan zat gizi mikro seperti asam folat, vitamin D, zat besi dan kalsium. Bisa didapat dari sayuran berwarna hijau seperti daun katuk dan bayam.

Bila asupan nutrisi bergizi seimbang dapat menghasilkan ASI berkualitas. Di dalamnya mengandung cairan biologis yang dinamis dan kompleks, terdiri lebih dari 200 zat aktif termasuk imunoprotektor, enzim, hormon, vitamin, faktor pertumbuhan, dan faktor lainnya.

"Sehingga mampu memberikan imunitas kepada si Kecil dan dalam jangka panjang dapat menurunkan risiko obesitas, serta diabetes tipe 1 dan 2," kata Juwalita dalam kampanye Mama Pasti Bisa dari Lactamil mengutip rilis yang diterima Health-Liputan6.com pada Kamis (31/8/2017).

Saksikan juga video menarik berikut:

 

1 dari 2 halaman

Dukungan suami dan keluarga

Selain asupan nutrisi, dukungan keluarga dan lingkungan turut memengaruhi keberhasilan menyusui. Psikolog keluarga Irma Gustiani mengingatkan pentingnya dukungan suami serta keluarga dalam mendukung proses menyusui untuk meringankan beban serta meningkatkan rasa percaya dirinya.

“Ada kalanya proses menyusui terhambat karena faktor psikologis Mama, baik itu stres karena perubahan gaya hidup dan tanggung jawab yang lebih besar atau malu menyusui di tempat umum," kata Irma di kesempatan yang sama.

Artikel Selanjutnya
Ini yang Terjadi Jika Ibu Enggan Beri ASI pada Buah Hati
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Rahasia Buah Hati Selalu Ceria Sepanjang Hari