Sukses

Melakukan Kegiatan Seni di Usia Tua Bisa Cegah Pikun

Salah satu cara untuk mencegah pikun adalah tetap aktif secara sosial.

Liputan6.com, Jakarta Kehilangan ingatan bisa menjadi masalah yang merepotkan dan menakutkan seiring bertambahnya usia. Untungnya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghentikan penurunan kognitif dan mencegah mudah lupa atau pikun.

Mengutip laman Today, Kamis (31/8/2017), salah satu tip utama agar tidak mudah lupa yaitu tetap aktif secara sosial dan mental untuk membuat ingatan tetap kuat seiring bertambahnya usia.

"Sangat penting untuk tetap terhubung dengan dunia luar agar tetap aktif," kata pakar medis NBC News Dr. Natalie Azar. "Akan lebih baik jika Anda menambahkan aktivitas seni, kerajinan atau kegiatan lainnya," tambahnya.

Sebuah studi di jurnal Neurology menemukan bahwa orang-orang dengan pendidikan yang rendah bisa mendapatkan manfaat lebih dari interaksi sosial itu, entah itu dengan keluarga atau teman.

Selain itu, orang yang bersosialisasi 55 persen lebih kecil kemungkinannya untuk merasakan gangguan kognitif ringan, kata periset di Mayo Clinic.

Lebih lanjut, orang berusia dewasa dan tua yang melakukan aktivitas seperti melukis, memahat, memotret dan menggambar 73 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan gangguan kognitif ringan yang memicu pikun dibandingkan mereka yang tidak.

Tetap terlibat secara sosial sekarang dianggap sebagai faktor kunci dalam kesehatan otak, jadi tetaplah berhubungan dengan orang-orang di sekitar Anda dan dapatkan teman baru untuk menjaga agar pikiran tetap tajam.

Dr Ephraim Engleman, seorang rheumatologist yang bekerja dan bermain biola sampai kematiannya pada usia 104, pernah mengatakan bahwa dia menganggap olahraga memiliki nilai yang tinggi namun aktivitas seni semisal karya dan musik juga penting.

"Memiliki aktivitas seni membuat saya bahagia, tak peduli berapapun usia saya. Hal terpenting adalah tetap aktif secara mental," tegasnya. 

 

Saksikan video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan yang membantu menguatkan ingatan

Selain cara di atas, terdapat cara lain untuk menguatkan ingatan, misalnya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bisa mencegah kepikunan. 

Mengutip laman Health, ada beberapa makanan yang dapat membantu Anda untuk mempertajam daya ingat.

1. Ikan 

Beberapa jenis ikan seperti salmon, makerel, tuna dan ikan lainnya yang mengandung omega 3 dapat membantu menguatkan ingatan.

"Di dalam otak, DHA nampaknya merupakan hal penting agar saraf otak berfungsi normal," ucap Martha Clare Morris, ahli nutrisi asal Chicago.

2. Avokad

Avokad kaya akan antioksidan dan vitamin E yang berkhasiat menurunkan risiko berkembangnya Alzheimer's.

3. Berry

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh the National Meeting of the American Chemical Society di Boston mengungkapkan bahwa blueberry, strawberry, dan acai berry dapat membantu mencegah penurunan kognitiv.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.