Sukses

Ini Kenapa Orang Kota Ikut Percaya Ritual Seks Gunung Kemukus

Banyak orang kota berdatangan ke Gunung Kemukus untuk memperoleh kekayaan yang datang dari ritual seks.

Liputan6.com, Jakarta Meski tak semua masyarakat percaya dengan hal berbau mistis, nyatanya tak sedikit orang yang tertarik dan ikut mencoba salah satu ritual yang belakangan jadi buah bibir, yaitu ritual seks di Gunung Kemukus.

Tujuan orang datang ke Gunung Kemukus tak lain ialah untuk menjalankan ritual yang diklaim bisa mendatangkan kekayaan dan kesuksesan secepat kilat. Bukan hanya penduduk sekitar yang datang berburu takhayul, melainkan juga orang-orang dari berbagai kota.

Rena Masri, psikolog dewasa dari PION Clinician, menilai latar belakang pendidikan dan ekonomi harusnya dapat membuat seseorang tak percaya begitu saja dengan ritual seperti ini. Namun, tekanan di dalam lingkungan sosial ternyata membuat seseorang tergiur untuk mencoba ritual seks di Gunung Kemukus.

"Kalau orang kota nih melihat tetangga atau temannya seperti itu dia akan tertarik apalagi kalau orang itu percaya dengan mistis. Nah, tapi kalau orang-orang di desa kan dia mikirnya 'besok makan apa ya', terus melihat ada cara cepet seperti itu, ya dia akan ikut dan mempercayainya," ujar Rena saat dihubungi Health-Liputan6.com, Kamis (31/8/2017).

Menurut Rena, pemerataan pendidikan dan ekonomi bisa menjadi solusi untuk mencegah kepercayaan terhadap ritual seperti ritual seks Gunung Kemukus ini.

"Karena hakikatnya kan tingkat pendidikan yang baik akan menghasilkan pemikiran yang logis dan rasional dan menurut saya pemerataan ekonomi di semua wilayah juga pada akhirnya berpengaruh terhadap kepercayaan seperti itu," ujarnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.