Sukses

Bukan di Gunung Kemukus, Ini 14 Takhayul dari Seluruh Dunia (2)

Banyak orang menghalalkan segala cara agar mimpinya terwujud dengan percaya hal-hal yang sifatnya takhayul.

Liputan6.com, Jakarta Berita mengenai ritual seks aneh yang bergaung dari Gunung Kemukus, Sragen, Jawa Tengah menjadi viral akhir-akhir ini. Konon kabarnya, jika bercinta dengan orang tak dikenal di sana, akan terkabul semua hajatnya.

Bagi mereka yang tak percaya tentu menganggapnya sebagai takhayul. Namun, apakah takhayul atau mitos yang berhubungan dengan klenik hanya berlaku di Indonesia? Tidak juga.

Atlet-atlet hebat di dunia pun memercayai segala hal yang berkaitan dengan simbol keberuntungan. Dan sebagian masyarakat di beberapa negara masih mempercayai tradisi terkait takhayul dan keberuntungan.

Melansir laman Mental Floss, Rabu (30/8/2017), simak takhayul berbalut ritual terkait terkait keberuntungan dari berbagai belahan dunia berikut ini. 

8. Pakai lonceng kecil di gaun pernikahan – Irlandia

Pernah dengar mitos lempar celana dalam ke atas genteng supaya acara pernikahan tidak terganggu hujan? Mitos seputar pernikahan juga terjadi di Irlandia.

Pengantin di sana menyematkan lonceng kecil di salah satu bagian gaun mereka. Cara lain, bisa juga meletakkan lonceng pada karangan bunga. Kencangnya bunyi lonceng akan membantu kedua insan yang berbahagia itu jauh dari energi negatif yang akan mengganggu jalannya acara pernikahan. Para tamu yang datang juga akan membunyikan lonceng secara serentak.  

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sembuhkan sakit dengan dupa

9. Selalu sebut kata kelinci setelah bangun tidur - Inggris

Takhayul ini terkesan mengada-ada. Setelah bangun pagi, harusnya kita bersyukur telah diberi kesempatan oleh Tuhan untuk melanjutkan kehidupan. Namun, warga Inggris rasanya tidak akan melupakan menyebut kata "kelinci" setelah bangun di pagi hari.

Lakukan ini di hari pertama setiap pekan. Penyebutan kata "kelinci" digadang-gadang akan membawa keberuntungan sepanjang minggu. Kalau lupa, malam hari boleh juga disebut. Namun password-nya ditambahi, yaitu "kelinci hitam". 

10. Sembuhkan sakit dengan dupa - Jepang 

Buat yang mau traveling ke jepang, wajib mampir ke Sensoji Temple. Kuil yang terletak di Tokyo Timur itu jadi salah satu destinasi wajib para turis. Mengapa? Soalnya di depan Sensoji Temple terdapat tempat pembakaran dupa berukuran raksasa.

Pengunjung akan bisa merasakan mandi asap yang dipercaya dapat membuat orang menjadi lebih sehat. Asap-asap dupa itu konon mampu menghilangkan penyakit yang selama ini menempel di tubuh.  

11. Angka 8 pembawa hoki - China

Angka 8 merupakan angka yang dinilai membawa keberuntungan dan kemakmuran. Jadi warga di China sangat menyukai apapun hal-hal yang berhubungan dengan angka delapan.

Pemakaian angka 8 biasa digunakan dalam menentukan tanggal pernikahan, nomor di penerbangan sampai nomor telefon rumah atau ponsel. Salah satu bukti konkret, Olimpiade Musim Panas di Beijing pun dimulai tanggal 8 bulan 8 tahun 2008, pukul 8:08 malam.

3 dari 3 halaman

Makan kacang polong

12. Makan kacang polong – Argentina

Setiap perayaan tahun baru ada kebiasaan untuk ramai-ramai makan kacang polong. Hal ini dapat membawa keberuntungan dan karier perkerjaan pun selalu terjaga.

13. Memecahkan botol alkohol – Jepang

Takhayul satu ini bermula dari kisah bartender di sebuah bar di Okinawa. Ia secara tidak sengaja memecahkan botol alkohol. Sang bartender akhirnya berterus terang meski merasa canggung. Sementara pemilik bar, punya pandangan berbeda. Menurutnya memecahkan botol secara tidak disengaja dapat meningkatkan keberuntungan dan omzet bar tersebut.

14. Menanam pohon untuk merayakan ulang tahun pernikahan - Belanda dan Swiss

Menanam pohon pinus di luar rumah dipercaya akan membuat pernikahan langgeng dan segera dikaruniai keturunan. Beberapa pasangan lain juga merayakannya untuk ulang tahun pernikahan. Melalui aksi tanam pohon dan kemudian tumbuh, dapat memberi hoki dan kehidupan sepanjang pernikahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.