Sukses

Bukan di Gunung Kemukus, Ini 14 Takhayul dari Seluruh Dunia (1)

Liputan6.com, Jakarta Di zaman yang sudah pesat teknologi saat ini, rupanya masih ada orang yang percaya takhayul. Seperti viralnya berita ritual seks aneh yang bergaung dari Gunung Kemukus, Sragen, Jawa Tengah. Konon kabarnya, jika bercinta dengan orang tak dikenal di sana, akan terkabul semua hajatnya. 

Apa iya takhayul atau mitos yang berhubungan dengan klenik hanya berlaku di Indonesia? Tidak juga. Atlet-atlet hebat pun memercayai segala hal yang berkaitan dengan simbol keberuntungan. Pebasket legendaris Michael Jordan misalnya. Pernah cari tahu kah, mengapa dia selalu memakai celana pendek dalaman yang warnanya sama dengan jersey NBA yang dipakainya?

Pernah meneliti, mengapa sebelum pertandingan dimulai, Serena Williams punya kebiasaan untuk mengikat tali sepatu dengan arah sama? Lalu mengapa dia harus memantulkan bola sebanyak lima kali sebelum servis pertamanya? Gerak-gerik yang mereka lakukan diyakini bisa membawa hoki.

Melansir laman Mental Floss, Rabu (30/8/2017), ternyata takhayul juga ada di seantero dunia. Apa saja bentuknya? Mari kita lihat.


1. Mengoleksi pecahan piring di rumah – Denmark

Kalau ditelaah secara nalar, jelas tidak ada relevansinya, kan? Namun, orang Denmark percaya bahwa menyimpan pecahan piring itu membawa keberuntungan. Ketika tahun baru, jangan heran kalau bertebaran kaca piring di rumah-rumah orang Denmark yang masih memegang tradisi ini.

Melempar piring-piring rusak ke depan pintu rumah tetangga maupun teman dipercaya akan membuat rezeki lancar. 

2. Menyapu jauh-jauh dari pintu depan – China

Pernah berkunjung ke ruman teman di China? Coba perhatikan daerah pintu rumah mereka, pasti selalu dalam keadaan bersih. Mereka punya kebiasaan, mulai menyapu dari pintu depan. Debu maupun tumpukan sampahnya lalu diarahkan ke pintu belakang.

Hal itu dinilai bagus untuk mengeluarkan energi-energi negatif dari dalam rumah. 

3. Wajib makan anggur dan memakai celana dalam warna merah - Spanyol

Saat mendekati malam pergantian tahun baru, warga Spanyol punya kepercayaan untuk memakan anggur hijau supaya keluarganya selalu dipayungi keberuntungan. Anggurnya cukup 12 buah. Mengapa?

Mengonsumsi anggur hijau konon bisa membawa keberkahan dan keberuntungan selama 12 bulan ke depan. Mitos ini berkembang seabad silam karena saat itu sedang panen anggur.

Bagaimana dengan takhayul harus pakai celana dalam warna merah? Menurut mitos yang melegenda sejak abad pertengahan, warna merah dianggap sebagai warna iblis atau setan.  

 

Saksikan juga video berikut ini: 

1 dari 2 halaman

Kecipratan kotoran burung

4. Kejatuhan kotoran burung - Rusia

Pernah dengar takhayul ini? Atau pernah dengar mitos kejatuhan kotoran cicak? Dipercaya, hal itu tanda akan datang rezeki.

Warga Rusia percaya bahwa kotoran burung yang menempel di tubuh mereka sebagai pertanda akan memperoleh rezeki yang tak terduga-duga. Semakin banyak burung hinggap dan membuang kotoran di tubuh, boleh jadi itu sebuah anugerah terindah buat orang tersebut.

5. Menumpahkan air di belakang seseorang - Serbia

Menurut cerita rakyat yang melegenda di Serbia, menumpahkan air di belakang seseorang bisa mendatangkan hoki berlimpah. Orang-orang di sana akan melakukan ritual takhayul itu ketika ada teman atau anggota keluarga mereka yang lagi punya agenda besar, entah itu traveling ke luar negeri maupun akan tes interview kerja.

6. Mencium Batu - Irlandia

Pernah dengar betapa tersohornya batu blarney di Irlandia? Dengan mencium batu yang ada di Kastil Blarney itu, pengunjung bisa meraih kemakmuran dan keberuntungan.

Namun, cara menciumnya bukan asal cium konvensional. Semakin sulit cara untuk mencium batu blarney itu, konon semakin cepat segala doa yang terucap akan terkabul.

7. Memakai penis replika - Thailand

Setiap laki-laki di Thailand percaya kalau mereka memakai palad khik (biasa disebut penis mainan) di bagian bawah celana, akan mendapat keberuntungan. Terbuat dari tulang atau kayu, penis buatan itu panjangnya kurang lebih dua inci.

Setelah memakai barang itu, pemakainya akan terhindar dari segala macam ancaman maupun kecelakaan. Bahkan, ada pria yang memakai 2 penis replika sekaligus. Satu difungsikan untuk memikat wanita dan satu lagi dikaryakan agar menang dalam perjudian maupun perkelahian.

 

Artikel Selanjutnya
Mitos Rambut Buddha di Golden Rock Myanmar
Artikel Selanjutnya
Bukan Takhayul, Kemukus Juga Tandai Kelahiran Bung Karno