Sukses

5 Tips Bantu Anak Atasi Sedih Akibat Hewan Peliharaannya Mati

Liputan6.com, Jakarta Hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, bisa menjadi teman yang baik untuk anak selama di rumah. Adanya hewan peliharaan bisa membuat anak melatih diri untuk ikut merawatnya.

Anak bisa diajak memberikan makanan hewan peliharaan atau sesekali mengantar hewan peliharaan ke dokter hewan. Namun, kematian hewan peliharaan bisa menjadi pukulan yang hebat bagi keluarga, terutama anak.

Anak mungkin mengalami kesedihan mendalam. Mereka bisa saja mogok makan atau mengurung diri di kamar karena hewan peliharaan tidak lagi berada di dekatnya.

Untuk mengatasi kesedihan anak akibat kematian hewan peliharaan, ada beberapa cara membujuknya, seperti dilansir dari The Health Site, Rabu (30/8/2017).

Jelaskan kalau hewan peliharaan juga bisa sakit

Sebagian besar anak-anak memahami sakit dan harus pergi ke dokter. Jika hewan peliharaan sakit parah, anak bisa menemani langsung hewan peliharaan ke dokter hewan.

Ini akan mempermudah Anda menjelaskan kepada anak kalau hewan peliharaan itu sangat sakit.

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 5 halaman

Jawab semua pertanyaan anak

Cara anak memahami sesuatu adalah mengajukan pertanyaan. Jadi, jangan memotong pertanyaan anak saat ia mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan hewan peliharaan atau kematian hewan peliharaan.

Jawab pertanyaan anak dengan tenang.

2 dari 5 halaman

Ungkapkan perasaan

Cara terbaik mengajari anak atas kematian hewan peliharaan, yaitu mengungkapkan perasaan. Anda bisa mengajari anak cara mengungkapkan perasaan kepada Anda terlebih dahulu.

Jangan menghindar dari ungkapan kesedihan. Ini akan memberi tahu anak, Anda juga ikut bersedih.

3 dari 5 halaman

Jangan tutupi kematian

Pilih kata-kata dengan tepat. Jangan ragu menggunakan kata mati. Orang sering menghaluskan kata-kata untuk anak-anak lalu berkata kalau hewan peliharaan itu sedang tidur.

Anak mungkin mulai memaknai itu dengan tidur (dalam arti nyata).

4 dari 5 halaman

Bantu anak mengenang hewan peliharaan

Setelah mengucapkan perpisahan pada hewan peliharaan atau usai memakamkannya, bantu anak mengetahui bahwa hewan peliharaan itu telah pergi untuk selamanya (tidak akan kembali).

Bicarakan dengan baik soal hewan peliharaan. Misalnya, soal kenangan indah saat bermain di rumah. Hal ini membantu anak memiliki kenangan indah dengan hewan kesayangannya.

Artikel Selanjutnya
Menyayat Hati, Ayah Sekarat Bikin Video Perpisahan untuk Bayinya
Artikel Selanjutnya
Cara Termudah Usir Stres Detik Ini Juga