Sukses

Makanan yang Bisa Bantu Pasien Kanker Berjuang

Makanan yang kaya lemak sangat disarankan untuk pasien kanker agar sel kanker tidak mudah berkembang.

Liputan6.com, Jakarta Sel kanker membutuhkan energi dari bagian tubuh untuk bertumbuh dan berkembang. Untuk mencegah sel kanker mengambil energi yang dibutuhkan tubuh, badan memerlukan nutrisi yang tepat. Salah satu yang disarankan untuk dikonsumsi pasien kanker adalah makanan berlemak.

Makanan berlemak dapat membuat sel kanker tidak mudah berkembang. Hal ini karena sel kanker tidak bisa mengubah lemak menjadi sumber energi.

"Sel kanker itu 'makanannya' karbohidrat sebagai sumber energi buat berkembang. Tapi sel kanker tidak bisa mengubah lemak menjadi sumber energi. Pertumbuhan sel kanker akan sulit. Jadi, biasanya pasien kanker disarankan makan makanan berlemak," kata dr Fiastuti Witjaksono, M.Sc, MS, SpG(K), Dokter Gizi Klinik Cipto Mangunkusumo dalam pemaparan singkatnya acara "Pemenuhan Nutrisi pada Pasien Kanker" di Hotel JS Luwansa, Jakarta, ditulis Rabu (30/8/2017).

Ini bedanya sel kanker dengan sel yang normal. Sel yang normal bisa mengubah karbohidrat dan lemak menjadi sumber energi. Walaupun asupan karbohidrat sedikit, sel yang normal bisa mengubah lemak menjadi sumber energi.

Makanan berlemak yang disarankan untuk pasien kanker, misalnya ikan laut dalam. Ikan laut dalam mengandung lemak tidak jenuh ganda yang bisa membuat sel kanker tidak berkembang.

Makanan yang kaya lemak yang bisa dipilih, misalnya avokad, ikan, kacang-kacangan, cokelat hitam, telur, dan minyak zaitun.

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambahan protein

Tak hanya makanan kaya lemak, pasien kanker juga sangat disarankan makanan makanan berprotein, seperti telur, yogurt, susu, keju, dada ayam, dan brokoli.

Makanan yang mengandung protein dapat mengganti sel tubuh yang rusak akibat efek dari penggerogotan sel kanker.

Sebaiknya, pasien kanker tidak menunggu terlalu lama hingga tubuh menjadi kurus. Asupan nutrisi yang baik, terutama memperbanyak makan makanan berlemak dan berprotein dapat membuat sel kanker tidak berkembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.