Sukses

Begini Cara Kuman dan Penyakit Menyebar Dalam Kabin Pesawat

Masuk ke dalam kabin pesawat sebelum lepas landas ternyata rentan penyebaran kuman dan penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka pesawat yang kita tumpangi rentan terhadap penyebaran kuman dan penyakit. Kedua faktor ini dapat membuat tubuh Anda menjadi sakit. Apalagi bila kondisi kesehatan Anda tengah memburuk, Anda bisa rentan terkena penyakit.

Bukan rahasia lagi bahwa kabin pesawat menjadi tempat yang sangat kotor, ditulis dari News, Selasa (29/8/2017). Namun, metode yang digunakan maskapai untuk mengantarkan penumpang memasuki kabin menjadi faktor utama dalam penyebaran penyakit menular, seperti virus ebola.

Travel + Leisure menjelaskan, selama ini maskapai mengarahkan penumpang masuk dari pintu depan ke belakang atau sebaliknya secara bersamaan.

Metode ini menyebabkan penumpang berkerumun di lorong kabin. Yang terjadi adalah penumpang mengantre untuk menuju ke kursi, juga menunggu penumpang lain memasukkan barang bawaan ke kotak kabin.

Kerumunan ini bisa memunculkan penyebaran penyakit, menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Arizona State University, Amerika Serikat.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terapkan model baru

Para peneliti menyarankan sebuah model baru. Penumpang terbagi secara acak dalam kelompok dalam batas waktu tertentu, sehingga seluruh penumpang tidak masuk secara bersamaan.

Hal ini demi mencegah kerumunan di lorong kabin. Dengan adanya metode ini, risiko infeksi ebola yang menginfeksi 20 orang per bulan turun menjadi 40 persen.

Para peneliti juga menemukan, proses keluarnya penumpang setelah pesawat mendarat punya risiko lebih kecil penyebaran penyakit.

Saat keluar pesawat biasanya lebih cepat. Penumpang tidak butuh waktu lama untuk mengantre keluar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.