Sukses

Kulit Pisang Ternyata Bisa Dibuat Minuman Segar Antioksidan

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin tidak percaya, kulit pisang ternyata memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi dari daging buahnya. Kulit pisang mengandung aktivitas antioksidan yang tinggi dibanding daging buahnya.

Senyawa antioksidan flavoniod yang terkandung pada pisang berpotensi sebagai antioksidan tinggi.

Adanya kandungan antioksidan yang tinggi menjadi inspirasi bagi mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga membuat minuman menyegarkan yang kaya antioksidan.

Tim yang terdiri atas Dian Retno, Alistya Rizky, Alfis Zahroh, Lia Ahyuni, dan Istianah memberikan nama minuman ini, Bapeelon Tea (Banana Peel and Cinnamon Tea).

Keberhasilan inovasi minuman dituangkan dalam proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKMK) dan telah lolos dari penilaian Dikti untuk memperoleh dana dari program PKM Kemenristekdikti tahun 2016-2017.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

1 dari 2 halaman

Cara pembuatan

Cara membuat Bapeelon Tea ini cukup praktis. Pertama, pilih dan cuci kulit pisang. Bagian dalam kulit pisang dipilih atau diambil. Lalu dikeringkan menggunakan oven. Kulit pisang yang sudah kering kemudian dibuat serbuk.

Hasil serbuk ini diseduh bersama serbuk kayu manis. Kemudian diberikan tambahan gula secukupnya. Bapeelon Tea siap dikemas dan diminum. Minuman ini cocok diminum di segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

”Selain menyehatkan, minuman ini harganya relatif murah. Cukup seharga Rp 5.000 sudah dapat memeroleh minuman segar isi 300 ml dalam kemasan botol,” kata Dian, dikutip dari laman Universitas Airlangga, Selasa (29/8/2017).

Kulit pisang dibuat minuman segar antioksidan. (Foto: UNAIR)

Usaha produksi teh ini baru dimulai. Produksi tahap pertama sudah cukup memuaskan. Mereka membuka pesan order pertama pada tanggal 5 Juni lalu.

Baru hari pertama dibuka, order sudah mencapai 50 buah. Untuk pemesanan lebih lanjut bisa melalui Instagram dengan id bapeelon_tea dan melaui line dengan id @acb7223s.

Artikel Selanjutnya
Mengejutkan, Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan Secara Utuh
Artikel Selanjutnya
3 Bahaya Konsumsi Gula terhadap Kulit Anda