Sukses

4 Cara Alami Redakan Gusi Bengkak

Liputan6.com, Jakarta Gusi bengkak biasanya dikenal sebagai radang gusi, yang dianggap sebagai tahap pertama penyakit periodontal. Radang gusi disebabkan oleh pembentukan plak yang tidak selalu hilang setelah menyikat gigi.

Ada berbagai macam bahan alami yang mengandung khasiat untuk melawan gusi bengkak. Sifat pada bahan alami ini dapat mencegah komplikasi timbul dan juga mengurangi pembengkakan.

Meskipun bahan alami ini harus digunakan bersamaan dengan produk kesehatan umum, mereka dapat mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses pemulihan gusi yang bengkak, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Selasa (29/8/17).

1. Lemon
Sifat alkali dan antibiotik jus lemon juga membantu dalam mengatasi kondisi ini. Senyawa asamnya menghilangkan bakteri berbahaya dan mengurangi peradangan gusi yang disebabkan oleh infeksi. Gunakan dua kali sehari.

2. Air Hangat dan Garam
Obat kumur yang dibuat dengan air hangat dan garam bisa memberi kelegaan pada pendarahan dan gusi yang membengkak. Hal ini karena garam memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang menurunkan keberadaan bakteri pada daerah yang terkena. Hindari menelan campuran ini karena bisa menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan. Gunakan dua atau tiga kali sehari. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

Jus blueberry

3. Jus Blueberry
Jus blueberry adalah minuman kaya antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kerentanan terhadap infeksi. Mengkonsumsi blueberry dapat mengendalikan pembengkakan, pendarahan dan menghilangkan keberadaan kuman.

4. Cuka Apel
Asam alami dari cuka apel menyeimbangkan pH mulut dan lingkungan bakteri yang menyebabkan infeksi. Menggunakan cuka sari apel sebagai obat kumur alami sangat bagus untuk gusi bengkak dan bau mulut.

Artikel Selanjutnya
Ramuan Masker Alami Pemutih Wajah
Artikel Selanjutnya
Lidah Bisa Ungkap Kondisi Kesehatan