Sukses

Bahaya Gunakan Lipstik Saat Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Menggunakan lipstik saat bibir kering dan pecah-pecah dapat menyebabkan kondisi bahaya ini.

Liputan6.com, Jakarta Saat bibir kering dan pecah-pecah tak jarang wanita menutupinya dengan menggunakan lipstik. Padahal, cara ini justru dapat membuat kondisi bibir semakin parah.

Meski kandungan dalam lipstik dapat dipastikan aman untuk digunakan, sayangnya saat bibir dalam keadaan tidak normal ini justru hanya menambah masalah. Apalagi jika keadaan bibir sedang pecah-pecah sampai berdarah, kandungan kimia dalam lipstik dapat menyebabkan gangguan lain.

Melansir laman Glamour, Senin (28/8/2017), pakar kecantikan di New York, Joanna Vargas, menyarankan untuk tidak menggunakan lipstik saat bibir tidak normal. "Sebaiknya Anda mengganti lipstik dengan pelembap bibir atau lip balm yang aman saat tidur malam hari," katanya.

Langkah tersebut bisa menjadi solusi paling aman untuk mengembalikan kondisi bibir normal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pori-pori tertutup

Mengutip laman New Vision, lipstik yang mengandung petrokimia, timbal, dan minyak mineral jika digunakan saat bibir sedang pecah-pecah dapat menyebabkan iritasi, memperlambat penyembuhan lapisan bibir sampai peradangan.

Masker Bibir

Bahkan pada kasus tertentu, kandungan minyak mineral dalam lipstik dapat menyumbat pori-pori kulit.

Jika pori-pori kulit tertutup, maka bibir akan terlihat kering dan semakin pecah-pecah. Sementara produk kosmetik lainnya yang mengandung minyak mineral dapat menyebabkan jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.