Sukses

4 Ritual Aneh Kala Pertama Kali Menstruasi

Ada ritual aneh saat gadis muda mengalami menstruasi untuk pertama kalinya.

Liputan6.com, Jakarta Pertama kali menstruasi menjadi suatu babak baru bagi seorang gadis. Artinya, mereka harus membeli pembalut tiap bulan dan tentu saja beranjak dewasa. Rasa nyeri saat menstruasi akan menjadi pengalaman tersendiri. Para gadis juga akan merasakan tidak nyaman atau takut darah menstruasi tembus ke celana. 

Pertama kali keluar darah haid memang menjadi momen spesial bagi para gadis. Dan dalam tradisi di berbagai belahan dunia, erempuan harus mengalami perlakuan tertentu ketika pertama kali menstruasi. Simak beberapa kisahnya berikut ini. 

Gadis  akan ditampar

Gadis-gadis di Turki perlu sangat hati-hati saat menginformasikan berita soal menstruasi pertamanya. Hal ini karena seorang gadis akan ditampar keras saat dia menstruasi pertama kali sehingga pipinya menjadi merah. Itu merupakan tradisi di sana. 

Sang gadis pun merasa terbebani karena malu, ditulis dari The Times of India, Senin (28/8/2017).

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menelan telur utuh

Di Brasil, seorang gadis dipaksa menelan telur utuh saat dia mulai menstruasi untuk pertama kalinya. Jika telur tergigit, maka hal itu dianggap pertanda buruk--dalam arti menjadi pertanda bahwa bayi yang dikandungnya setelah menikah kemungkinan tak akan lahir selamat. 

3 dari 4 halaman

Menikahi pohon pisang

Anak gadis di Assam, India diisolasi saat mereka menstruasi untuk pertama kalinya. Setelah menyelesaikan beberapa hari isolasi tersebut, mereka mengikuti ritual.

Sebuah perayaan besar yang disebut tuloni biya (biya dalam bahasa Assam berarti pernikahan) harus dihadiri sang gadis yang mengalami menstruasi pertama. Ya, gadis tersebut harus menikah. Sementara, pasangan prianya adalah pohon pisang.

4 dari 4 halaman

Cegah jerawat

Ini mungkin terdengar aneh.  Tapi ada tradisi di Filipina, kalau darah menstruasi yang pertama kali harus dioleskan ke wajah gadis yang bersangkutan. Alasannya dianggap untuk mencegah jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.