Sukses

Cara Pulihkan Psikologi Korban Usai Bencana seperti Badai Harvey

Usai bencana besar, seperti Badai Harvey di Texas, individu harus melakukan tujuh hal berikut untuk mengembalikan psikis.

Liputan6.com, Jakarta Badai Harvey yang menerjang Texas pada 26 Agustus lalu merupakan badai terbesar sepanjang sejarah. Badai besar seperti ini biasanya akan meninggalkan dampak psikologis yang mendalam, khususnya dalam keluarga. Hal ini menjadi penting bagi semua individu untuk mengontrol emosi dan memperbaiki kondisi psikologi setelah bencana alam.

Dilansir dari laman American Psycological Association, Senin (28/8/2017), berikut langkah yang dapat dilakukan individu untuk mengatasi trauma dan memperbaiki kondisi psikologis pascabencana alam, seperti badai Harvey.

1. Beri diri Anda waktu untuk menyesuaikan diri.

2. Mintalah dukungan dari orang-orang terdekat untuk mendengarkan atau berempati dengan situasi yang sedang dialami.

3. Cari tahu tentang kelompok atau organisasi yang dapat membantu korban bencana alam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bergabung dengan kelompok senasib

4. Bergabung dengan kelompok yang dipimpin oleh profesional atau orang-orang yang terlatih dan berpengalaman seperti psikolog, selama pemulihan pascabencana alam.

5. Perbanyak berdiskusi dengan orang-orang yang mengalami situasi seperti Anda. Ini bisa membantu Anda mengatasi stres yang berlebih.

6. Jaga pola makan dan dapatkan istirahat cukup untuk menjaga fisik dan psikis Anda.

7. Hindari konsumsi alkohol dan narkoba karena dapat semakin merusak perasaan dan psikologi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.