Sukses

Jelang Menstruasi, Siapkan 5 Makanan Pengontrol Emosi Ini

Ada beberapa makanan yang dapat memperbaiki mood saat menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita, masa PMS (Premenstrual Syndrom) tentunya tidak menyenangkan. Mood yang tidak stabil dapat membuat seorang wanita dengan mudah memarahi siapapun yang membuat mereka kesal. Menstruasi tidak hanya memengaruhi kondisi tubuh, namun juga kondisi psikologis pada wanita. Beberapa gejala yang datang terlebih dahulu saat PMS di antaranya mudah tersinggung, lelah, dan gampang galau. 

Mengetahui apa yang harus dimakan dan apa yang harus dihindari, merupakan langkah pertama yang dapat Anda lakukan menjelang masa menstruasi. Apa sajakah makanan tersebut? Simak ulasannya, seperti yang dilansir dari laman Reward Me, Senin, (28/8/17).

Pisang dan nanas

Pisang mungkin merupakan makanan terbaik selama masa menstruasi. Buah ini kaya akan potasium, yang dapat memperbaiki mood dengan cepat. Pisang juga bermanfaat sebagai pencahar, jadi ucapkan selamat tinggal pada pergerakan usus yang tidak teratur selama masa menstruasi. Sedangkan, nanas sangat penting untuk aliran darah yang halus dan mudah.

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cokelat

Konsumsilah coklat dengan jumlah gula paling sedikit. Cokelat sarat akan antioksidan dan melepaskan serotonin, yaitu hormon kebahagiaan. Selain itu kandungan magnesium pada cokelat, membantu bikin suasana hati menjadi stabil.

3 dari 5 halaman

Sayuran

Sayur hijau tidak hanya sehat, namun juga mampu mengatasi masa-masa menstruasi. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam yang dikemas dengan mineral super seperti zat besi, potasium, kalsium dan magnesium akan membantu Anda rileks dan melepaskan ketegangan.

4 dari 5 halaman

Salmon

Ikan ini merupakan salah satu sumber kekayaan asam lemak Omega 3, elemen penting untuk mengatasi kram otot dan suasana hati yang buruk. Tidak suka ikan? Anda dapat mencoba memasukkan beberapa kenari, telur, kedelai atau bahkan biji rami untuk mendapatkan dosis asam lemak Omega3 yang dibutuhkan.

5 dari 5 halaman

Teh

Jangan mengonsumsi teh yang mengandung kafein, karena akan membuat menstruasi menjadi lebih buruk. Konsumsilah secangkir teh jahe atau chamomile. Kedua teh ini membantu atasi mual dan kembung.

(Michelle Tania)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.