Sukses

Campuran Bir dalam Kondisioner Bikin Rambut Lebih Sehat?

Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami ini untuk membuat kondisioner sendiri di rumah, salah satunya dengan memanfaatkan bir.

Liputan6.com, Jakarta Setelah keramas, biasanya kita sering menggunakan kondisioner untuk menghasilkan rambut lebih sehat dan halus. Menggunakan kondisioner boleh-boleh saja, namun jauh lebih aman jika menggunakan kondisioner yang tidak mengandung zat paraben, silikon, atau parafin. Mengapa? zat-zat ini dapat merugikan kesehatan dan memiliki efek negatif pada kesehatan rambut. Bagaimana dengan bir?

Apa yang harus Anda ketahui tentang kondisioner?

Kondisioner konvensional mengandung bahan kimia dan produk minyak bumi lainnya yang menembus kulit melalui pori-pori dan masuk ke aliran darah, yang dapat merugikan kesehatan dalam jangka pendek dan panjang. Selain itu, komponen ini hanya memberikan hasil yang memuaskan setelah digunakan. Namun, setelah menggunakan kondisioner biasa, rambut dapat menjadi lebih cepat kotor. Dalam jangka panjang, kondisioner ini mengubah produksi alami sebum dan menyebabkan akar rambut menjadi berminyak.

Tanpa harus mengeluarkan biaya yang relatif mahal, Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami ini untuk membuat kondisioner sendiri di rumah, seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Senin, (28/8/17).

Simak juga video menarik berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cuka sari apel

Meski bau cuka hilang saat rambut mengering, Anda bisa menghindarinya dengan mencampur beberapa tetes minyak esensial, seperti lavender dan mint. Gunakan botol semprot dan tambahkan tiga per empat bagian cuka sari apel dan seperempat air. Selalu gunakan ini setelah keramas.

3 dari 5 halaman

Bir

Bir bukan hanya minuman menyegarkan tapi juga kondisioner yang sangat baik untuk membuat rambut berkilau dan halus. Bir kaya akan nutrisi antioksidan dan berbagai jenis vitamin B. Mineral penting yang terkandung di dalamnya mampu menjaga struktur rambut yang baik, terutama untuk orang dengan rambut rapuh.

Sebelum membilas, cuci rambut dengan bir non alkohol untuk menghindari rambut menjadi kering. Biarkan beberapa menit sebelum membilas. Tidak perlu digunakan setiap hari, cukup gunakan sekali seminggu.

4 dari 5 halaman

Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu obat terbaik untuk rambut normal dan kering dengan ujungnya bercabang atau rusak karena perawatan salon.

Untuk menggunakan kondisioner ini, oleskan ke rambut basah sebelum keramas, sampai beberapa jam sebelum dicuci. Ini akan menyehatkan serat rambut dengan baik dan tidak akan membuat rambut berminyak setelah mandi. Oleskan dari tengah rambut ke ujungnya, sekali atau dua kali seminggu. Selain itu, aroma tropisnya yang halus dan lezat dapat berguna sebagai parfum rambut.

5 dari 5 halaman

Kuning telur dan jus lemon

Kombinasi bahan ini sangat ideal untuk semua kondisi jenis rambut, terutama untuk rambut berminyak. Kuning telur kaya akan lemak dan mampu memberi nutrisi pada folikel rambut. Vitamin A, B12, B6, B2, B1, D, E, serta asam folat, menjadikannya bergizi untuk rambut. Jus lemon dapat membuat rambut lebih sehat. Namun, jus lemon tidak bisa digunakan sendiri karena dapat mengeringkan serat rambut. Untuk alasan itu, mengombinasikan kedua bahan ini sangat bagus bagi rambut.

Bahan:
1 kuning telur
1/2 lemon

Cara menerapkan:
Kocok kuning telur mentah dan kombinasikan dengan jus lemon. Kemudian, oleskan campuran itu ke rambut, biarkan sampai beberapa jam, kemudian cuci dengan sampo biasa.

(Michelle Tania)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.