Sukses

Ternyata Tambah Usia Bikin Seseorang Makin Sulit Tidur

Seiring bertambahnya usia manusia maka waktu untuk tidur justru menurun.

Liputan6.com, Jakarta Umumnya semua orang membutuhkan tidur selama enam sampai delapan jam sehari, tapi seiring bertambahnya usia seseorang, waktu atau durasi tidur justru menurun.

Penelitian yang dilakukan Surrey Sleep Research Centre di University of Surrey and Harvard Medical School menemukan orang dewasa rata-rata memiliki waktu tidur 1,5 jam lebih sedikit. Hal ini terjadi dimulai memasuki usia 25 ke atas.

Uniknya, peneliti juga menemukan orang-orang lanjut usia atau lansia sekitar 50 tahun ke atas hanya membutuhkan waktu tidur nyenyak selama tiga sampai empat jam per harinya. Sayang perubahan ini justru menimbulkan masalah baru yaitu insomnia.

Lansia juga lebih mungkin mengalami masalah kesehatan kronis yang dapat mengganggu tidur mereka. Akibatnya banyak orang tua yang mengalami pola tidur buruk. Hal ini dipengaruhi juga oleh pengurangan produksi hormon seperti melatonin secara bertahap dan hormon pertumbuhan yang membantu untuk menjaga ritme tubuh sehari-hari.

Menurut laman Askmen, Minggu (27/8/2017) tak jarang hal ini menyebabkan lansia yang sudah tidak memiliki banyak rutinitas, akan memilih untuk tidur di sore hari sehingga sulit tidur di malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Begini tips mengatasinya

Untuk mengatur jam tidur Anda, usahakan untuk bangun 30 sampai 45 menit lebih cepat di pagi hari untuk mengatur ulang jam tidur Anda di waktu yang lebih awal.

Kedua, jika Anda tidak banyak tidur di malam harinya jangan mencoba menebusnya dengan tidur lebih awal esok harinya. 

Kurang tidur akan berdampak pada kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gangguan kesehatan seperti daya tahan tubuh menurun, sulit konsentrasi, risiko diabetes meningkat, mudah stres dan tekanan darah meningkat akan mudah menghampiri. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.