Sukses

Cek Efek Dehidrasi yang Jarang Orang Tahu

Bukan sekadar haus, tapi efek dehidrasi dapat menyebabkan beberapa hal berikut ini. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Semua tahu kurang minum air putih dapat menyebabkan dehidrasi, sayang efek dari dehidrasi ini bukan sekadar dahaga berkepanjangan saja. Berikut efek dehidrasi yang jarang disadari banyak orang.

Efek dari dehidrasi dapat menyebabkan kulit ikut mengering. Begitu juga dengan permukaan bibir yang kering, pecah-pecah dan mudah mengelupas. Selain itu yang dapat diperhatikan ialah kurangnya buang air kecil, jika seharian Anda tidak kencing lebih dari tiga kali dapat dipastikan itu efek dari dehidrasi.

Seperti dikutip laman Live Strong, Minggu (27/8/2017) berikut efek dehidrasi lainnya yang harus diketahui.

- Suasana hati tak stabil

Dehidrasi dapat mempengaruhi konsentrasi sampai suasana hati. Tubuh akan mudah mengantuk, lesu, lelah, kurang kuat, mudah tersinggung atau sulit berkonsentrasi. Kondisi ini juga mungkin meningkatkan masalah sakit kepala, pusing dan linglung.

- Mata lebih cekung

Kekurangan cairan, terutama air putih pada orang dewasa dapat menyebabkan mata nampak lebih cekung dan kering.

- Tekanan darah tinggi

Dehidrasi dapat mengubah tekanan darah tinggi dan menyebabkan pembuluh darah tertututp. Semakin banyak pembuluh darah tertutup kapiler, maka tekanan pada pembuluh darah besar akan meningkat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dehidrasi merupakan kondisi jumlah cairan yang keluar dari tubuh lebih banyak dari jumlah cairan yang masuk.

    Dehidrasi