Sukses

Dianjurkan Minum 2 Cangkir Kopi Sebelum Olahraga, Apa Manfaatnya?

Dalam sebuah penelitian kopi dan beberapa hal berikut ini dapat mengurangi dan mengatasi nyeri otot pascalatihan.

Liputan6.com, Jakarta Setelah melakukan olahraga berat, seperti lari marathon atau gym berpuluh menit lamanya, tak jarang tubuh merasa nyeri. Kondisi ini dapat muncul setelah sehari sampai tiga hari pascalatihan, atau yang dikenal dengan Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS).

Nyeri jenis ini dapat terjadi pada otot tubuh mana saja, tergantung pada anggota tubuh yang digunakan untuk berolahraga. Lantas, bagaimana mengatasi kondisi ini?

Melansir laman Men's Fitness, Minggu (27/8/2017) beberapa solusi sederhana dan murah meringankan nyeri berikut ini bisa Anda coba di rumah. Caranya mulai dari penggunaan kompres es batu sampai kopi. Penasaran? Cek penjelasannya berikut ini!

1. Jus ceri

Menurut sebuah penelitian pada 2010 yang terbit di Scandinavian Journal of Medicine dan Science in Sports, jus ceri dapat menjadi pilihan minuman yang mampu memulihkan nyeri otot pascalatihan. Diyakini senyawa antioksidan yang ditemukan dalam ceri yang disebut antosianin, mampu bekerja efektif mengurangi peradangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Kopi

Studi menunjukkan minum kopi sebelum berolahraga mampu mengurangi nyeri otot dan kelelahan.

"Jika Anda tidak ada kontraindikasi medis terhadap penggunaan kafein, saya merekomendasikan dua cangkir kopi sebelum berolahraga," kata Ann Kulze, M.D., penulis seri Eat Right for Life terlaris.

3. Kompres es batu

Mandi air hangat memang terdengar menenangkan, tapi menurut Joseph Bosco, M.D., juru bicara American Academy of Orthopedic Surgeons (AAOS), penggunaan es batu lebih efektif menenangkan nyeri otot pascalatihan.

"Mandi air panas akan memberikan relaksasi secara keseluruhan juga bertindak sebagai pereda nyeri ringan, namun lapisan es justru lebih mampu mencegah kerusakan otot dan mempercepat penyembuhan nyeri," kata Bosco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.