Sukses

Adakah Aturan bagi Orang yang Olahraga Saat Sakit?

Penyakit apakah yang diperbolehkan tetap berolahraga dan sebaliknya?

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang yang menjalani gaya hidup sehat, olahraga sudah menjadi kebutuhan. Namun bolehkah berolahraga saat seseorang sedang sakit?

Mengutip laman Everyday Health, Jumat (25/8/2017), meski olahraga bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit tapi tidak dianjurkan berolahraga saat mengalami sakit tertentu. Alasannya, lebih baik Anda beristirahat agar lebih cepat pulih. Lalu kapankah seseorang yang sakit boleh berolahraga dan sebaliknya?

Olahraga boleh dilakukan saat Anda mengalami tekanan sinus, bersin, flu, hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan gangguan pendengaran. Sebaliknya, tidak direkomendasikan berolahraga saat Anda mengalami demam, sakit otot, batuk, sesak napas, muntah dan diare.

Singkatnya, jika Anda mengalami sakit di wilayah leher dan wilayah atas, Anda boleh berolahraga. Namun jika Anda mengalami sakit di wilayah leher ke bagian bawah lebih baik Anda beristirahat.

Terkadang orang yang terbiasa berolahraga merasa lebih baik jika dia berkeringat. Jika sedang sakit dan tetap ingin berolahraga, sebaiknya Anda mempertimbangkan intensitas olahraga. Alternatifnya, lakukan yoga dibandingkan olahraga yang berat.

Menurunkan intensitas latihan dapat melancarkan pernapasan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Jika Anda merasa sakit yang dialami semakin buruk akibat memaksakan diri, segeralah beristirahat hingga Anda pulih.

Saksikan video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bolehkah orang sakit ke gym?

Terkadang, orang yang memiliki rutinitas latihan di gym akan sulit melewatkan satu sesi olahraga meskipun sedang sakit. Sayangnya, kuman mudah sekali menyebar di tempat kebugaran seperti gym. Anda bisa menularkan kuman dan juga tertular kuman yang dibawa orang lain. Untuk itu, carilah tempat lain untuk berolahraga.

Namun, jika Anda pergi ke gym, perhatikan orang lain. Cuci tangan Anda sebelum pergi, bersihkan peralatan yang Anda pakai dan gunakan pembersih tangan di seluruh latihan untuk mengurangi penyebaran kuman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.